Panitia Klaim Jumlah Peserta Kirab Santri 2019 Bertambah Banyak

oleh -86 views
Panitia Klaim Jumlah Peserta Kirab Santri 2019 Bertambah Banyak
Peserta Kirab Santri membawa obor. (foto: humaidi/koranbanjar.net)

MARTAPURA, koranbanjar.net – Malam kedua Event Budaya Islami Peringatan Hari Santri Nasional 2019 Kabupaten Banjar, dilaksanakan Kirab Santri, Rabu (23/10/2019) ba’da Isya.

Setelah dilepas oleh Bupati Banjar KH. Khalilurrahman, Kirab Santri yang terdiri dari 18 Pondok Pesantren se-Kabupaten Banjar mulai berjalan dari depan halaman Kantor Bupati Banjar kemudian ke Jl. A Yani menuju Jl. Keraton atau samping Bakso Batuah, selanjutnya menuju Jl. Menteri Empat menuju Jl. Batuah, hingga kembali lagi ke Jl. A Yani dan finis di halaman gedung DPRD Banjar.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kirab Santri diikuti ribuan para santri putra maupun putri dari berbagai Ponpes di Kabupaten Banjar. Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar, Yuana Karta Abidin mengatakan, untuk santri Darussalam dan Al-Amin sudah mencapai lima ratus santri.

“Menurut informasi untuk Darussalam saja sudah menurunkan tiga ratus santrinya, kemudian ada Al-Amin menurunkan seratus tujuh puluh. Itu baru dua PonPes saja sudah mencapai lima ratus, sedangkan sekarang ada 18 Ponpes,” ungkapnya

Panitia Klaim Jumlah Peserta Kirab Santri 2019 Bertambah Banyak

Ketua pelaksana M Zaini , menjelaskan makna dari Kirab Santri ini sendiri adalah perwujudan dari semangat santri.

“Kirab Santri ini sebagai semangat untuk para santri agar bisa merasakan perjuangan santri pada waktu dulu saat resolusi jihad melawan penjajah Belanda” ujarnya.

Meskipun tak ada yang hal yang baru di Kirab Santri ini, tetapi kata Zaini peserta tahun ini bertambah sangat banyak.

“Untuk peserta tahun ini bertambah, cuma mengalami penurunan jumlah peserta lomba stand. Tetapi, yang ikut Kirab Santri ini banyak sekali bahkan dari sekolah-sekolah juga ikut,” tambahnya.

Kirab santri merupakan rangkaian acara yang dalam Hari Santri Nasional dan akan dilakukan penilaian yang mana juaranya nanti akan diumumkan di akhir penutupan Hari santri Nasional 2019 Kabupaten Banjar pada Jumat (25/10/2019) malam. (mj-30/dra)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan