Paman Birin Satu-satunya Gubernur yang Meraih Anugerah Haornas 2018

TERNATE, KORANBANJAR.NET – Kerja keras Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, untuk menjadikan Kalsel sebagai salah satu provinsi yang mandiri dan berdaya daya saing, kembali menuai hasil.

Jika sebelumnya Gubernur Kalsel berhasil meraih penghargaan Satyalancana Pembangunan Bidang Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari Presiden Joko Widodo pada 12 Juli 2018 lalu, gubernur kelahiran tanggal 12 November 1967 ini kembali meraih prestasi nasional.

Bersama para tokoh terkemuka tanah air seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kapolri Jenderal Polisi Tito Kanavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Paman Birin menerima penghargaan negara melalui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, tepat pada Peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) ke XXXV 2018,  Minggu (9/9/2018).

Dalam sambutannya, Menpora RI, Imam Nahrawi mengatakan, semangat  olahraga akan menyatukan perbedaan. Dia pun berpesan, semangat olahraga dari desa, kampung dan sekolah, agar terus digelorakan, karena dari situlah akan ditemukan talenta olahraga nasional yang berprestasi di masa mendatang.

Terkait penghargaan kepada para tokoh pembina dan penggerak olahraga, Menpora mengemukakan, apresiasi pemerintah ini diberikan kepada mereka yang selama ini memiliki komitmen kuat untuk membesarkan prestasi olahraga, baik di tingkat daerah maupun  nasional.

Penilaian dilakukan secara ketat, cermat dan teliti, sehingga nama-nama penerima penghargaan adalah benar-benar kepada orang-orang pilihan.

Salah satu Panitia Seleksi Penerima Penghargaan Haornas, Adisujatno menambahkan,  penilaian utama pertimbangan negara memberikan penghargaan Haornas 2018 adalah karena memiliki kepedulian dalam upaya memajukan olahraga di daerah maupun tingkat nasional.

Adisujatno membenarkan bahwa Sahbirin Noor adalah satu-satunya gubernur di Indonesia yang menerima anugerah penghargaan sebagai tokoh pembina olahraga.

Paman Birin dinilai telah memberikan perhatian yang tinggi untuk kegiatan olahraga di tingkat nasional, seperti suksesnya menyelenggarakan Pekan Olahraga Rekriasi Nasional (PORNAS) 2017.

“Beliau juga memiliki komitmen luar biasa dalam upaya mengalokasikan anggaran daerah untuk kemajuan dan peningkatan prestasi olahraga di daerah, dan mendukung event olahraga nasional,” jelas Adisujatno.

Adisujatno menyebutkan, selain para tokoh tanah air dan Gubernur Kalsel, ada nama-nama lain yang menerima penghargaan dari pemerintah, yakni CDM Asian Games 2018 Syarifuddin, Ketua Inasgoc Erick Thohir, Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin, Bupati Bandung H Dadang M Naser, Walikota Ternate Burhan Abdurahman, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, serta Kapolda Maluku Irjen Royke Lumowa.

Usai mengerima penghargaan, Gubernur Kalsel, Sahbirin  Noor mengucapkan apresiasinaya kepada pemerintah atas kepercayaan memberikan penghargaan sebagai Pembina Olahraga Berprestasi Nasional 2018.

Dirinya mengatakan, penghargaan luar biasa ini adalah milik seluruh masyarakat Kalsel dan buah kerja bersama dalam membangun dan membangkitkan prestasi olahraga di daerah.

“Semoga prestasi yang diraih ini menjadi spirit bersama untuk lebih bergerak meningkatkan prestasi olahraga di daerah,” ucapnya. (hmsprov/dny).

Read Previous

Kebut-kebutan Terus Nyeruduk Mobil Parkir, Begini Akibatnya

Read Next

Sedang Asyik Berjemur di Sungai, Anak Buaya ini Diamankan Warga

Tinggalkan Balasan