Orang Nomor Satu Kalsel Resmikan Teman Bus Banjarbakula

Layanan transportasi publik antar kota Buy The Service (BTS) resmi diluncurkan orang nomor satu Kalsel Gubernur Sahbirin Noor pada Rabu (22/12/2021). Transportasi yang diberi nama Teman Bus, siap melayani 4 rute.

BANJARBARU,koranbanjar.net – Rute yang dilalui nanti Banjarbaru, Banjar, Banjarmasin dan Barito Kuala dengan titik pusat di Terminal Tipe A, Gambut Barakat, Banjar.

Program dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub RI) itu, sudah beroperasi di 7 kota yakni, Palembang, Solo, Yogyakarta, Medan, Makassar, Bali dan Banyumas.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI, melalui Direktur Angkutan Jalan, Suharto mengatakan, hadirnya bus menjadikan perubahan transportasi masyarakat.

“Masyarakat bisa beralih ke transportasi umum. Dan ini juga kita gunakan pembayaran cashless atau non tunai,” katanya.

Untuk masyarakat yang ingin transportasi tersebut, dapat melalui aplikasi Teman Bus. Pilih Banjarmasin, lalu akan langsung terlihat jalur lintasan bus.

Koridor 1 adalah dari Terminal Tipe A Gambut Barakat KM 17 sampai Simpang Empat Banjarbaru.

Dirinya menambahkan, rencananya akan hadir 4 koridor terdiri koridor 2 Terminal Gambut Barakat ke KM 0 Banjarmasin.

Koridor 3 Terminal Gambut Barakat ke Simpang Tiga Bentok. Koridor 4 Terminal KM 6 Banjarmasin ke Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

“Untuk bus akan ada 75 unit beroperasi Banjarbakula dan didatangkan secara bertahap,” tambahnya.

Bus itu memiliki kapasitas 20 penumpang sekali jalan. Untuk tarif masih belum diberlakukan atau gratis sampai menunggu peraturan keluar.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, atas kontribusi terwujudnya layanan bus ini.

“Ini merupakan bentuk layanan publik yang membantu mobilitas masyarakat di perkotaan,” ungkapnya. (maf/dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.