Oknum Pembuang Sampah di Sekumpul Bakal Ditangkap Linmas

  • Bagikan
Kai Sandal sedang menjaga kawasan Sekumpul tidak ada oknum pembuang sampah, Senin (21/6/2021). (Foto: dya/koranbanjar.net)

Ketahuan membuang sampah sembarangan di kawasan Kelurahan Sekumpul Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar, harus siap bakal ditangkap Linmas (Perlindungan Masyarakat).

BANJAR,koranbanjar.net –  Oknum masyarakat kini tak biasa lagi leluasa membuang sampah sembarangan di kawasan Kelurahan Sekumpul.

Karena, puluhan anggota Linmas setempat secara bergantian melakukan penjagaan pada beberapa lokasi rawan tumpukan sampah yang dibuang oleh oknum masyarakat.

Oknum masyarakat yang kedapatan melakukan tindakan tak terpuji ini, harus siap kena sanksi dan ditangkap petugas karena dinilai melanggar Perda Kebersihan Kabupaten Banjar.

Kelurahan Sekumpul Kecamatan Martapura terus berupaya menjadikan Sekumpul Bersih, Sekumpul Sehat.

Selain melakukan pengelolaan sampah dengan keberadaan Bank Sampah, lalu ada petugas pengumpul sampah dari rumah ke rumah maupun pettkoan dan perkantoran di kawasan Sekumpul.

Juga menurunkan petugas Linmas untuk menertibkan oknum pembuang sampah, karena  tidak ada lagi TPS di lingkungan Kelurahan Sekumpul.

Sepanjang jalan utama yakni Jalan Sekumpul menjadi kawasan penting dan prioritas dijaga Linmas berpakaian seragam sipil atau pakaian biasa.

Seorang lelaki yang lebih suka dipanggil Kai Sandal mengutarakan, hari ini giliran dia piket berjaga di sekitar jembatan irigasi Sekumpul.

“Di sini biasanya ada oknum masyarakat membuang sampah ke air irigasi atau meletakkan kantongan plastik sampah di sekitar jembatan,” katanya, Senin (21/6/2021).

Ia menyatakan tak akan segan menangkap oknum pelaku atau melaporkan perbuatannya ke kelurahan, karena membuat kotor kawasan Kelurahan Sekumpul, yang sangat dijaga kebersihan lingkungannya.

Disebutkan Kai Sandal bahwa dia bergantian dengan banyak rekannya, masing-masing mendapatkan jatah waktu jaga selama dua.

“Kami setiap hari berjaga. Hari ini tadi giliranku dari jam sembilan sampai jam sebelas. Biasanya, bukan orang Sekumpul yang buang sampah sembarang, karena sudah ada pengelola sampah,” cetusnya.

Nampak di dekatnya ada spanduk bertuliskan dalam Bahasa Banjar, TOLONG BAUNTUNG AI, Jalan Sekumpul, jangan Pian andaki sampah di pinggir jalan lagi, Trak ampih ma’angkuti. Warga Sekumpul sudah umpat Bank Sampah Sekumpul dilayani ke rumah diambilakan sampahnya. (dya)

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *