Banjar  

MTQ Nasional Berkah Pedagang CBS Martapura

Kain Sasirangan paling diburu para kafilah luar Kalimantan Selatan, Selasa (18/10/2022) siang. (Sumber Foto: Kominfo Kabuupaten Banjar/koranbanjar.net)

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XXIX yang berlangsung di Provinsi Kalimantan Selatan membawa berkah bagi para pelaku UMKM, di Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura, Selasa (18/10/2022) siang.

BANJAR, koranbanjar.net – Pantauan beberapa jam menjelang penutupan event nasional tersebut, pertokoan CBS Martapura banyak dikunjungi para kafilah dari berbagai provinsi untuk mencari oleh-oleh.

Banyaknya jumlah pengunjung sejak sepekan terakhir membuat pedagang panen rezeki.

Salah satunya adalah toko permata Kalimantan’s yang menyediakan sovenir dan oleh-oleh terlengkap.

Pemilik toko H Mulkani mengaku omzet penjualan sejak sepekan terakhir meningkat hingga 50 persen dari biasanya.

Menurutnya, para kafilah yang berburu oleh-oleh banyak mencari permata dengan jenis kalung, gelang, cincin hingga kain khas sasirangan.

”Alhamdulillah, penghasilan meningkat sekitar 50 persen, mereka banyak mencari aksesoris gelang, kalung cincin dan kain, kalau berlian kurang dicari,” ucapnya sambil menunjuk aneka permata yg berada di atas etalase.

Mulkani berharap even-even nasional seperti ini hendaknya acap kali digelar di Kalimantan Selatan, agar masyarakat lainnya juga bisa meraih penghasilan lebih.

Salah satu kafilah asal Kepulauan Riau M Rajab Novendi Hasibuan bersama rombongan mengaku harus beli oleh-oleh khas Kalsel untuk dibagi kepada keluarga.

” Saya baru dapat blangkon (peci sasirangan), baju bertuliskan Kalimantan dan sebagainya,” ucapnya.

Sementara terkait harga yang ditawarkan oleh pedagang menurutnya cukup terjangkau.

” Sebenarnya yang saya cari itu batu akik, tapi belum dapat,” ucapnya sambil pamit permisi dan sampaikan terima kasih. (dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *