Berita Utama

Momen Haornas 2018, Khairul Saleh; Majukan Dunia Olahraga di Kalsel

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Momen Hari Olah Raga Nasional (Haornas) 2018 sepertinya menjadi momen yang spesial bagi seluruh insan olahraga di banua. Tidak terkecuali bagi insan olah raga di Kabupaten Banjar. Peran mantan Bupati Banjar, Pangeran Ir. Haji Khairul Saleh semasa menjabat untuk memajukan olahraga tidak dapat dipandang sebelah mata.

Salah satu karya yang dititipkan Khairul Saleh semasa menjabat, yakni membangun Stadion Demang Lehman yang berskala internasional. Bahkan penamaan Stadion Demang Lehman itupun dilakukan tidak sembarangan atau bukan tanpa alasan.

Stadion Demang Lehman diresmikan Bupati Banjar Sultan Khairul Saleh pada hari Jumat 18 Januari 2013. Dia memberikan nama stadion ini bukan tanpa alasan, sebab Demang Lehman adalah salah satu pejuang terkenal dalam sejarah Kesultanan Banjar dan karena keberanian dalam bertempur. “Karena keberaniannya, para penjajah Belanda yang ada di tanah Banjar sangat segan dan takun,” ungkap Khairu Saleh.

Stadion Demang Lehman saat itu dibangun dalam rangka persiapan Kabupaten Banjar sebagai tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Kalsel tahun 2013. Stadion dapat menampung 15.000 penonton.

“Spirit perjuangan Demang Lehman inilah saya harapkan menjadi semangat para atlet di semua cabang olah raga untuk berprestasi,” jelasnya.

Seiring dengan momen Haornas, Khairul Saleh mengucapkan selamat Hari Olah Raga Nasional 2018, semoga spirit dan sportifitas olah raga mampu menjadi salah satu modal dasar pembangunan sumber daya manusia di Indonesia.

Khairul Saleh juga mengatakan bahwa walau provinsi Kalimantan Selatan sempat merasakan kegagalan sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 mendatang, menurutnya, masyarakat Banua jangan berkecil hati dan pesimis.

Kegagalan tersebut harus dijadikan semangat untuk berbenah segala sistem dan fasilitas olahraga di Kalimantan Selatan. “Ini harus dijadikan suntikan semangat untuk kita membenahi dunia olahraga di Kalsel,” ucapnya.

Sebagai tokoh masyarakat Kalimantan Selatan, Sultan Banjar mengatakan bertekad akan memberikan kontribusi yang besar terhadap kemajuan olahraga di Kalimantan Selatan.

Di antara bukti pengabdian dalam membangun dunia olahraga yang jatuh bangun tersebut yaitu dengan dibangunnya Stadion Demang Lehman.

Saat ini Kalsel mempunyai 2 stadion besar yaitu stadion 17 Mei di Banjarmasin dan stadion Demang Lehman di Martapura. Ia sangat berharap kepada pemerintah untuk terus membenahi dan melengkapi fasitas-fasilitas pendukungnya yang berstandar internasional sehingga kedua stadion tersebut dapat menjadi wadah bagi event-even nasional dan internasional sebagaimana Palembang yang bisa menjadi salah satu kota tuan rumah Asian Games 2018 yang lalu.(sir)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close