oleh

Merah Putih Berkibar Di Bawah Laut Kotabaru

KOTABARU, koranbanjar.net – Sejumlah mahasiswa dari Marine Diving Club (MDC) Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Lambung Mangkurat (FKP ULM) Banjarbaru, mengibarkan bendera merah putih di bawah laut yang berada di wilayah perairan Pulau Kerayaan, Kecamatan Pulau Laut Kepulauan, Kotabaru, Sabtu (17/8/2019).

Pengibaran bendera dalam rangka hari kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia itu dilakukan layaknya upacara 17 Agustus yang lazimnya dilaksanakan di darat. Pengibaran bendera melibatkan sejumlah penyelam dari anggota Lanal Kotabaru, Brimob Tanah bumbu, Borneo Dive Club serta puluhan penyelam lainnya.

Upacara dipimpin oleh Paurlid Sintel Lanal Kotabaru, Lettu Laut (KH) Riza Akbar. Sedangkan penggerek bendera diwakili oleh dua anggota MCD FPK ULM, dan seorang penyelam perempuan dari Borneo Cha Dive Center.

“Selain untuk memperingati hari kemerdekaan, pengibaran di bawah laut ini juga termasuk dalam rangkaian kegiatan Lustrum ke-11 Fakultas Perikanan dan Kelautan ULM,” ujar salah satu panitia kegiatan, Ferdinand.

Usai upacara pengibaran bendera, para penyelam melakukan transplantasi terumbu karang di kedalaman tujuh meter dari permukaan laut.

“Transplantasi sangat perlu dilakukan untuk menjaga ekosistem bawah laut. Terumbu karang menjadi tempat ikan bersarang, karena itu perlu kita lestarikan,” ucapnya. (cah/dny)

Komentar

Berita Terkini