oleh

Menyambut Haul, Warga Pasayangan Percantik Desanya

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Berbagai macam cara yang dilakulan masyarakat Martapura dalam menyambut Haul ke 13 Syekh KH Muhammad  Zaini bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul. Jauj-jauh hari masyarakat di kota Martapura bergotong royong untuk membersihkan dan menghias desa mereka, bahkan adapula yang mempercantik kampungnya dengan lampu hias.

Contohnya yang terjadi di Desa Pasayangan,  Martapura.  Tugu perempatan yang ada di wilayah mereka tak luput dari sasaran tangan-tangan kreatif warga setempat guna mempercantik desa mereka.

Salah satu tokoh masyarakat Desa Pasayangan, Safwan, menuturkan kepada koranbajar.net, menghiasi tugu perempatan itu merupakan inisiatif warga dalam rangka menyambut Haul ke13 Abah Guru Sekumpul.

“Ini murni inisiatif warga,  dananya juga atas swadaya masyarakat. Tujuannya untuk mempercantik dan memberikan penerangan agar para jamaah yang melintas jadi nyaman, ” ujarnya.

Bahkan posko-posko yang tersebar di berbagai titik juga turut dihias oleh warga.  Kebanyakannya merka menggunakan lampu dengan aneka warna sebagai penghias.

Sejak kemaren sampai saat ini H-1 acara Haul ke 13 Guru Sekumpul, arus lalu lintas di wilayah Martapura sudah dipadati para jamaah haul yang datang dari berbagai daerah. Bahkan pengguna pengiapan gratis yang disediakan relawan telah terisi penuh. (sai/dra/kie)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: