Kalsel  

Menteri Luhut Borong Dagangan Pedagang Pasar Terapung

Menko Merves Luhut borong dagangan pedagang pasar terapung Sungai Martapura, Jumat (22/7/202). (Sumber Foto: Adpim Setdaprov Kalsel/koranbanjar.net)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI Luhut Binsar Panjaitan menyempatkan diri menemui dan memborong dagangan acil acil jukung atau pedagang pasar terapung Sungai Martapura, Jumat (22/7/202).

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Ini dilakukan Luhut pada puncak Peringatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Taman Siring 0 Km Kota Banjarmasin.

Luhut yang didampingi Mendagri Tito, Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin, Kepala LKPP Abdullah Azwar Anas, dan Ketua DPRD Kalsel Supian HK.

Mereka langsung disambut acil-acil jukung beberapa untaian pantun yang diucapkan dengan ciri khas masyarakat Banjar itu.

“Paling enak makan mentega, dicampur sambal mangga, kami di sini makin jaya, berkat gerakan bangga produk Indonesia,” ucap salah satu pedagang acil berpantun yang langsung disambut tepuk tangan rombongan tamu dari Jakarta itu.

Setelah menyuguhkan beberapa bait pantun lainya lain, Luhut langsung didaulat untuk memborong barang dagangan di jukung itu.

“Saya beli semua jualan ibu-ibu,” sambut Luhut sembari mendapat sorak dari acil-acil.

Dalam Gernas BBI Kalsel terdapat pameran UMKM, Pojok Kopi, Talkshow, Lelang UMKM hingga pelatihan dan konsultasi bisnis bagi UMKM. Sebanyak 650 produk UMKM mengikuti pameran dalam gelaran Puncak Acara Gernas Bangga Buatan Indonesia di Kalsel.

Selain pameran, juga menghadirkan fashion show khas Kalimantan Selatan yaitu Sasirangan, karnaval perahu hias, atraksi budaya, pameran foto, temu investor, hingga pertunjukan hiburan.

Dalam sambutannya, Menko Luhut menyampaikan beberapa poin penting terkait pengembangan UMKM di tanah air.

Ia pun minta para kepala daerah agar produk UMKM di daerah setempat, dikembangkan lebih luas. Produk UMKM jangan sebatas makanan saja, namun bisa dalam bentuk produk kerajinan tangan atau kursi, fesyen, dan lain sebagainya.

“Saya titip pak gubernur, jangan makanan saja pak, semua yang anda bias buat di sini, buat dan masukan dalam e-katalog, sehingga itu akan mengurangi korupsi, terjadi efisiensi dan membangunkreasi anak muda,” pesannya.

Sementara, Gubernur berharap, melalui kampanye Gernas BBI, dapat mendorong pertumbuhan ekonomi melalui penguatan UMKM, termasuk mengajak masyarakat baik di Kalsel maupun di Indonesia untuk selalu bangga menggunakan produk lokal.

Kegiatan hari ini, cetus Paman Birin, merupakan bentuk nyata dukungan dan sinergi kementerian kelautan Gernas BBI dan perikanan, Pemerintah Provinsi Kalsel, Bank Indonesia dan instansi terkait lainnya.

“Dalam mendukung pengembangan UMKM sebagai bagian dari dukungan pemulihan ekonomi di Kalsel,” ujar Paman Birin.

Selanjutnya diharapkan, kegiatan akan membangun motivasi pelaku UMKM dengan memanfaatkan peluang dan potensi yang ada, sehingga mampu berdaya saing dan berkontribusi optimal pada pertumbuhan ekonomi.

Gernas BBI lanjut Paman Birin, akan selaras dengan apa yang
ingin dicapai dalam presidensi G20 Indonesia 2022 dari jalur
keuangan khususnya meliputi tiga agenda prioritas, yakni sistem pembayaran di era digital, pembiayaan berkelanjutan.

Inklusi keuangan sebagaimana menteri keuangan dan Gubernur BI sampaikan pada pertemuan menteri keuangan dan gubernur bank sentral G20 di Bali pekan lalu.

Tak lupa Paman Birin, mengajak seluruh pelaku UMKM di Kalsel untuk terus meningkatkan kreativitas dan menciptakan inovasi untuk meningkatkan daya saing, demi mewujudkan UMKM Kalsel yang berkualitas dan Kalsel MAJU (Visi Misi Gubernur Kalsel Sahbirin Noor) (dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *