MTQ Nasional Kalsel

Mengenal Kota Saranjana, Gaib dan Penuh Misteri

Pulau yang diyakini lokasi keberadaan kota gaib Saranjana di Kotabaru, Kalsel (Foto: Instagram/@sammyxnyder_istorya)

Baru baru ini, nama kota Saranjana ini menjadi viral karena banyak dibahas oleh para content creator dengan segala konspirasi dan misterinya. Kota Saranjana yang disebut-sebut sebagai kota gaib ini berada di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

KOTABARU, Koranbanjar.netBerdasarkan informasi dari berbagai sumber, kota ini merupakan bagian dari Pulau Laut, sebuah pulau yang cukup terpencil dan berada di dekat laut sekitaran Kalimantan Selatan.

Bukan hanya itu, banyak warga Kalimantan yang mempercayai bahwa kota ini merupakan kota dengan peradaban yang begitu maju. Nelayan di sekitar pun mengaku bahwa sering melihat adanya aktivitas mercusuar dari seberang Pulau Laut yang dipercayai berasal dari Kota Saranjana ini.

Warganet mengungkapkan kota ini bahkan tidak terdaftar di berbagai platform lokasi seperti Google Maps atau peta Indonesia lainnya.

Pengakuan warga sekitar juga pernah melihat adanya gedung pencakar langit yang terlihat dari kejauhan ke arah Pulau Laut tersebut.

Kepala Bidang Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan, Ida Saptika Dewi pun pernah mengungkap bahwa banyak masyarakatnya yang hilang di sana ketika melakukan pelayaran atau sekadar niat berkunjung kesana.

Ia juga mengaku bahwa warga di Kalimantan Selatan khususnya masyarakat Kotabaru sudah paham akan kepercayaan mereka tentang kota Saranjana ini.

Bahkan, mereka pun sering mengungkap adanya larangan berbagai kegiatan atau pakaian yang digunakan selama berada di sana. Tak sedikit warga Kotabaru yang “memaksa” berkunjung ke sana dan tidak kembali.

Kalo orang disini memang percaya bahwa Saranjana itu ada. Kita sesuaikan dengan kepercayaan saja” ujar Ida Saptika.

Bukan hanya warga Kalimantan Selatan, sejumlah artis pun mengaku pernah manggung di Kotabaru dan mengetahui adanya misteri Saranjana ini bahkan mengalami kejadian mistis.

Ifan Seventeen pun pernah mengungkap bahwa dirinya pernah manggung di kota ini dan mendapati penontonnya tiba tiba lenyap seketika dan hanya bersisa setengah dari penonton yang ia lihat dari panggung setelah dirinya menyelesaikan lagu terakhirnya di acara tersebut.

Pengakuan lain juga diungkap oleh Tantri “Kotak”. Istri dari Arda Naff ini mengaku bahwa dirinya sempat mengalami peristiwa aneh saat selesai manggung di sana.

Biasanya selesai manggung masih rame ya orangnya, ini ketika aku masuk mobil tiba tiba suasana benar benar sepi.” ujar ibu 2 anak ini.

Hingga saat ini, kota Saranjana masih jadi perdebatan akan misteri yang beredar di masyarakat. (Bay/Suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.