Banjar  

Masyarakat Mudik Lebaran, Kepolisian Tingkatkan Patroli di Pemukiman Penduduk di Kabupaten Banjar

Masyarakat Kabupaten Banjar yang melaksanakan mudik Lebaran Idulfitri 1445 H/2024 M tentu tak perlu khawatir dengan rumah yang ditinggalkan, karena Polres Banjar  mengambil langkah preventif menciptakan rasa aman. (Sumber Foto: Humas Polres Banjar/koranbanjar.net)

Masyarakat Kabupaten Banjar yang melaksanakan mudik Lebaran Idulfitri 1445 H/2024 M tentu tak perlu khawatir dengan rumah yang ditinggalkan, karena Polres Banjar  mengambil langkah preventif menciptakan rasa aman.

BANJAR, koranbanjar.net – Salah satu langkah dilakukan adalah patroli ke lokasi pemukiman penduduk  yang ditinggal mudik oleh penghuninya.

Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya tindakan kriminalitas seperti pencurian maupun perusakan yang mungkin terjadi saat rumah pemudik ditinggalkan dalam keadaan kosong.

Kapolres Banjar, AKBP M. Ifan Hariyat T., S.H., S.I.K., M.H., mengemukakan, patroli ini merupakan bentuk pelayanan Polri kepada masyarakat.

“Dalam pelaksanaan patroli, petugas tidak hanya memantau keamanan fisik rumah yang ditinggalkan pemudik, tetapi juga memberikan informasi terkait tindakan preventif kepada warga sekitar,” ungkapnya, Selasa (8/4/2024).

Selain melakukan patroli, Polres Banjar juga mengimbau masyarakat untuk saling menjaga keamanan lingkungannya dan melaporkan jika melihat perilaku mencurigakan.

Bagi yang merencanakan mudik, disarankan untuk memberikan informasi kepada tetangga atau petugas keamanan setempat, serta mengikuti beberapa tips menjaga keamanan rumah seperti menitipkan rumah kepada tetangga atau keluarga yang dipercaya.

“Mematikan peralatan elektronik yang tidak perlu, mengunci pintu dan jendela rapat, serta memasang kunci pengaman tambahan dan CCTV,” imbuhnya.

Dengan langkah-langkah preventif ini, diharapkan rumah-rumah yang ditinggalkan mudik dapat tetap aman dan nyaman selama libur Lebaran. (dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *