MTQ Nasional Kalsel
Kalsel  

Mars Bergerak Ciptaan Paman Birin Dilombakan

Paman Birin pada saat apel gabungan di halaman kantor Setda Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarbaru, Senin (1/8/2022) pagi. (Sumber Foto: Adpim Setdaprov Kalsel/koranbanjar.net)

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menyelenggarakan kembali lomba menyanyikan lagu Mars Bergerak ciptaan Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin secara berkelompok atau paduan suara ke satuan SKPD lingkup Pemprov Kalsel.

BANJARBARU, koranbanjar.net Mars Bergerak dilombakan dalam rangkaian memeriahkan peringatan Hari Jadi (Harjad) Provinsi Kalsel beberapa tahun terakhir.

Lomba digelar untuk kelompok paduan suara setiap SKPD lingkup Pemprov.

Tahun ini, lomba dilangsungkan untuk memeriahkan HUT ke 72 Provinsi Kalsel yang jatuh pada 14 Agustus 2022.

“Setiap SKPD menyanyikan lagu Mars Bergerak dan dillombakan. Selain bernyanyi, juga ada video dari setiap SKPD,” kata Paman Birin.

Kegiatan lain berupa hiburan musik yang mendatangkan penyanyi dangdut H Rhoma Irama hingga pesta rakyat di Kantor Gubernur Banjarmasin.

Lagu Mars Bergerak yang acap kali dinyanyikan di awal kegiatan seremonial ini diciptakan Paman Birin sebagai pemicu semangat masyarakat untuk terus Bergerak yang dimaknai ‘Bersama Gelorakan Rakyat’.

Secara harfiah, bergerak diartikan semangat bekerja, tidak malas atau diartikan rajin yang berujung seseorang jadi pandai atau berkualitas.

Dalam lagu Mars Bergerak ini terkandung ajakan Paman kepada seluruh jajarannya beserta masyarakat, untuk bersama-sama bergerak membangun banua, membangun Indonesia.

Mars Bergerak juga mendapatkan legitimasi dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan yang menyerahkan sertifikat hak cipta pada kegiatan Mobile Intellectual Property Clinic yang digelar di Banjarmasin pada 5 Juli 2022 lalu.

“Dengan dicatatnya lagu ini sebagai karya intelektual Banua, semoga dapat menjadi motivasi bagi seluruh komponen masyarakat untuk terus berinovasi dan berkarya, terlebih di era ekonomi kreatif ini,” ucap Paman Birin saat itu. (adpimsetdaprovkalsel/dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.