Baznas

LUAR BIASA! Revolusi Hijau Terus Berlangsung di Mana-mana, Ini Manfaatnya 

- Tak Berkategori
  • Bagikan

KOTABARU, KORANBANJAR.NET – LUAR BIASA! Revolusi Hijau Terus Berlangsung di Mana-mana, Ini Manfaatnya. Program Revolusi Hijau yang digaungkan Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan harus diakui sangat luar biasa.

Betapa tidak, seluruh KPH di lingkungan Dishut Kalsel terus bergerak menggelorakan penanaman di mana-mana. Tidak terkecuali bagi KPH Pulau Laut Sebuku dan KRPH Pulau Laut Selatan yang melaksanakan kegiatan penanaman di fasilitas umum, seperti di depan PLTD Unit Semaras di Desa Semaras Kecamatan Pulau Laut Barat, Kabupaten Kotabaru.

Kegiatan penanaman ini diikuti staf KPH Pulau Laut Sebuku dan RPH Pulau Laut Selatan dengan lokasi penanaman berada pada koordinat, S 03o 49’ 21,4” E 116o 04’ 52,8”

Adapun tanaman yang ditanam sebanyak 50 batang, dengan jenis trembesi. Jenis ini dipilih karena pohon trembesi adalah pohon berkanopi seperti payung yang memiliki ukuran daun kecil, namun paling unggul dalam menyerap gas CO2 dan bisa menurunkan suhu udara hingga 4 derajat celcius.

“Giat penanaman ini diharapkan dapat memberikan naungan di sekitar lokasi dan mengurangi lahan kritis di Kalimantan Selatan,” demikian diutarakan Sekretaris Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan, DR. Rahmaddin melalui press release kepada koranbanjar.net.

Hal yang sama juga dilaksanakan KPH Cantung pada Kamis 29 Maret 2018 di Desa Tamiang Bakung Kecamatan Kelumpang Tengah pada titik koordinat -2°50’50”,116°12’4″. KPH Cantung melaksanakan penanaman pohon jenis Mahoni sebanyak 20 batang dan Trembesi 20 batang.

Kegiatan penanaman ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang positif bagi penghijauan lingkungan dari bibit yang ditanam. “Semoga dapat tumbuh subur menghasilkan oksigen yang baik untuk kehidupan kita,” ungkap Rahmaddin.(humas dishut kalsel/sir/kie)

  • Bagikan