Kalsel  

Lomba Cipta Menu Makanan B2SA Bakal Digelar Tingkat Kalsel

Kepala Seksi Konsumsi dan Pengembangan Pangan Lokal, Riza Rosadi kepada Media Center, di Banjarbaru, Kamis (3/6/2021). (Sumber Foto: Kominfo Kalsel)
Kepala Seksi Konsumsi dan Pengembangan Pangan Lokal, Riza Rosadi kepada Media Center, di Banjarbaru, Kamis (3/6/2021). (Sumber Foto: Kominfo Kalsel)

Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel berencana akan mengadakan lomba Cipta Menu Makanan B2SA atau Beragam Bergizi Seimbang dan Aman, Tingkat Provinsi Kalsel.

BANJARMASIN,koranbanjar.net -Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalsel Suparno melalui Kepala Seksi Konsumsi dan Pengembangan Pangan Lokal Riza Rosadi mengatakan, lomba ini digelar dalam rangka mendukung pola pangan sehat dengan mengurangi konsumsi beras.

Lomba B2SA nantinya akan diikuti para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) pangan lokal pada 13 kabupaten/kota pada September 2021.

“Jadi, kita kenalkan kepada masyarakat pola pangan sehat itu tidak melulu dengan nasi. Tapi bahan lain bisa dijadikan pangan sehat seperti ubi kayu,” ucap Riza, Kamis (3/6/2021).

Menurut Riza, komposisi nasi itu hanya sepertiga sedangkan selebihnya sayur dan hidangan pelengkap lainnya.

Untuk itu pihaknya akan mengadakan lomba Cipta Menu B2SA tahun ini yaitu mengolah mie berbahan dasar ubi kayu yang sudah diolah menjadi tepung. Karena karbohidrat itu bisa diganti dengan tepung, supaya enak dibikin mie.

Mengingat masih dalam suasana pandemi covid-19 kegiatan lomba cipta B2SA dilakukan di masing masing kabupaten/kota.

“Kita yang akan keliling, dimana mereka melakukan pembuatan pengolahan disitu dan kita melakukan penilaian,” katanya.

Selain itu, dalam lomba ini juga akan mendapatkan hadiah dan pembinaan agar para peserta lebih semangat. Tidak hanya di tingkat provinsi, lomba cipta B2SA juga rutin dilaksanakan di tingkat Nasional bertepatan dengan Hari Pangan Sedunia (HPS).

“Kita tidak tahu, apakah HPS dilaksanakan secara ekspos seperti itu atau secara pola dengan mengikuti prokes,” tutup Riza. (kominfokalsel/dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *