oleh

Lomba Baca Cepat, Tingkatkan Minat Baca Siswa

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Ikatan Perpustakaan Indonesia (IPI) menggelar lomba baca membaca cepat tingkat SD, SLTP, dan SLTA/Sederajat se-Kota Banjarmasin. Dari lomba ini, diharapkan dapat membangun kretifitas, minat, dan potensi para siswa.

Diikuti tingkat SD 16 orang, SLTP 14 orang, dan SMA 26 orang. Lomba digelar di Gedung Perpustakaan UIN Antasari, Banjarmasin, Selasa (29/10/2019).

Lomba Baca Cepat, Tingkatkan Minat Baca Siswa
Ketua IPI Mochamad Isra Hajiri (tengah). (foto: abel/koranbanjar.net)

Panitia Pelaksana, Asrani mengatakan, tujuan lomba membaca cepat supaya membangun kreativitas siswa, menggali potensi siswa dalam mencerna suatu bacaan, serta meningkatkan minat baca para siswa.

“Dengan tujuan ini diharapkan para peserta dapat meningkatkan minat baca dan ke depannya semoga acara ini bisa berlanjut dan pesertanya bisa lebih banyak,” katanya kepada koranbanjar.net.

Masih di kesempatan yang sama, Ketua IPI Mochamad Isra Hajiri mengungkapkan, disisi lain lomba ini ingin membuat sesuatu yang berbeda dari lomba yang sering digelar perpustakaan.

“Kalau bisanya perpustakaan membut lomba berecerita nah kami ingin membut sesutu yang berbeda, kan dasar dari perpustakaan itu adalah kegiatan membaca,” bebernya.

Lomba membaca cepat yang diselanggarakan pertama kali ini diberi batasan waktu membaca dalam lomba, sesuai dengan tingkatan pendidikan para peserta.

“Kalau untuk tingkatan SD 20 menit, SLTP 15 menit, dan SLTA 10 menit. Karena tingkat kemampuanya dalam membaca berbeda,” katanya.

Ia berharap anak-anak lebih gemar lagi membaca. “Jika rajin membaca, mereka selalu mendapatkan iformasi yang benar sehingga bisa memilah info yang ada di depan mereka untuk menghindari hoaks,” pungkasnya. (mj-28/dra)

Komentar

Jangan Lewatkan