Baznas

Lembah Kahung akan Menjadi Lokasi Riset Dunia

- Tak Berkategori
  • Bagikan

BANJARBARU, koranbanjar.net – Dinas Kehutanan dan Perwakilan Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Selatan menggelar rapat bersama dengan perwakilan LIPI, Senin (26/2) di Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik (P2 Telimek) LIPI Bandung.

Rapat ini dilakukan dalam rangka untuk percepatan pembuatan proposal tahap 2 GCRF Sustainable Rainforest Communities hub United Kingdom.

Kepala Dinas Kehutanan DR. Hanif Faisol Nurofiq dalam sambutan mengatakan bahwa dukungan dari pemprov untuk pengembangan Kahung sebagai lokasi riset dunia. Selain itu juga Pemprov dan LIPI sudah dalam tahap penyelesaian draft akhir MoU untuk adopsi IPTEK dari LIPI.

Dari Pemprov Kalsel hadir pula Kepala Bappeda, Fajar Desira, Kepala Badan Litbang, Muhammad Amin, Fakultas Kehutanan ULM DR. Ahmad Jauhari.

Kerjasama Pemprov Kalsel dan LIPI ini diharapkan dapat meningkatkan potensi Kahung / Tahura Sultan Adam serta umumnya Provinsi Kalimantan Selatan.

Sementara itu, di tempat dan waktu yang berbeda, KPH Kusan Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan kegiatan menanam dan memelihara pohon untuk menjaga keseimbangan alam.

Kegiatan tersebut masih dalam rangka mendukung dan menyukseskan Gerakan Revolusi Hijau yang dicanangkan Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan. Mengingat dari tujuan Gerakan Revolusi Hijau tersebut yaitu menghijaukan Kalimantan Selatan.

Untuk itu, tim KPH Kusan melaksanakan penanaman di kanan-kiri Jalan Kodeco Km 9, Desa Sari Gadung, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu. Lokasinya, titik kordinat lokasi penanaman  -3.365121, 115.968123, bibit yang ditanam sebanyak 60 batang, antara lain, trembesi 30 batang, mahoni 30 batang.

Diharapkan bibit pohon yang ditanam dapat tumbuh dengan baik dan dapat memberikan nilai positif untuk lingkungan sekitar serta dapat memacu semangat masyarakat untuk menanam dan memelihara pohon demi hijaunya Kalimantan Selatan.(humas dishut kalsel)

  • Bagikan