Lebih 400 Sekolah Terdampak Banjir di Kabupaten Banjar

oleh -149 views

Musibah bencana banjir di Kabupaten Banjar juga sangat berpengaruh dalam sektor pendidikan. Sejumlah fasilitas pendidikan yakni lebih 400 sekolah rusak terdampak banjir.

BANJAR,koranbanjar.net – Plt Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Liana Penny ketika dikonfirmasi koranbanjar.net, Rabu (27/1/2021) siang.

Ia menyebutkan, jumlah sementara ini sekitar 419 sekolah yang berada di bawah Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar mengalami kerusakan.

Rinciannya, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) ada 12 buah yang rusak dari 25 buah dimiliki. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebanyak 240 buah dari lebih 400 buah.

Kemudian fasilitas pendidikan formal tingkat SD sekitar 148 buah dari total 371 buah. Sedangkan SMP terlaporkan 19 buah dari 73 buah.

“Totalnya kami menerima laporan data sekolah rusak ada 419 buah,” kata Liana, yang juga Kabid Bina SMP.

Jumlah ini belum termasuk sekolah berada di lingkup provinsi maupun Kementerian Agama (Kemenag), yang bukan kewenangan Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar.

Pendidikan dan proses belajar mengajar di Kabupaten Banjar, saat ini masih melaksanakan daring (dalam jaringan) dan tidak tatap muka karena pandemic cpvid-19.

“Adanya banjir dan pasca banjir, pembelajaran diliburkan sampai akhir Januari 2021,” ucap Liana.

Bantuan terhadap para siswa dan guru-guru juga telah diterima dari K3S, PGRI, sekolah setempat dan uluran bantuan dermawan lainnya.

Plt Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar itu sendiri, belum lama tadi bersama Plt Kepala Dinas Ikhwansyah dan rombongan telah meninjau SMPN 1 Sungai Tabuk, sebagai tempat penampungan seribu pengungsi. (dya)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan