Banjar  

Launching Pasar Hewan dan Kontes Ternak di Kabupaten Banjar

Dinas Pertanian Kabupaten Banjar sosialisasi kontes ternak melalui talkshow melalui Radio Suara Banjar, Selasa (14/5/20 24) pagi. (Sumber Foto: Kominfo Kabupaten Banjar/koranbanjar.net)

Rangkaian Hari Jadi ke – 74 Kabupaten Banjar akan dilaksanakan Launching Pasar Hewan dan Kontes Ternak Kabupaten Banjar pada 30 Mei 2024.

BANJAR,koranbanjar.net -Dinas Pertanian Kabupaten Banjar melakukan sosialisasi melalui talkshow melalui Radio Suara Banjar, Selasa (14/5/2024) pagi.

Talkshow dipandu drh Yoga Rivaldy Medik Veteriner Ahli Pertama Dinas Pertanian dengan menghadirkan narasumber Kabid Keswan Kesmavet Dinas Pertanian drh Lulu Vila Vardi dan Kasi Kesmavet drh Asep Nugraha Siliwandi.

 

Dijelaskan Lulu, keberadaan pasar hewan  adalah suatu mimpi yang jadi kenyataan, karena tentunya setiap kabupaten pasti menginginkan adanya pasar hewan.

Di Kabupaten Banjar telah dibangun sejak dua tahun lalu yang sekarang telah selesai pembangunannya.

Pasar hewan tersebut dapat menampung sekitar 100 ekor sapi, berdiri di atas tanah seluas 6000 M² berlokasi di Desa Padang Panjang Kecamatan Karang Intan.

“Kami sangat berterimakasih atas suport yang diberikan oleh Bupati Banjar Haji Saidi Mansyur dan ini menjadi salah satu program unggulan beliau, sesuai visi misi Kabupaten Banjar,” ujar Lulu.

 

Sementara drh Asep menambahkan, komoditas yang nanti akan diperjual belikan di pasar hewan, untuk awal adalah hewan ternak memamah biak seperti sapi, kambing, kerbau.

Seiring dengan animo masyarakat direncanakan pasar hewan tidak hanya untuk komoditas ruminansia saja tetapi bisa untuk unggas bahkan hewan kesayangan.

Apalagi sekarang banyak komunitas pecinta hewan dan sangat bagus jika disediakan tempat agar bisa saling transaksi jual beli secara legal.

Perlu dicatat Pasar Hewan Karang Intan merupakan pasar hewan terpadu karena selain fasilitas untuk jual beli hewan juga tersedia fasilitas Puskeswan Padang Panjang.

“Pasar Hewan di Desa Padang Panjang akan dilaunching 30 Mei, dalam rangkaian launching ini akan ada Kontes Ternak yang diikuti peternak dari Kabupaten Banjar

“Kami juga mengundang peternak dari kabupaten/kota lain yang hadir bisa ikut pada kegiatan tersebut,” ungkap Asep.

Kemudian melengkapi, Lulu mengatakan bahwa kontes ternak ini gratis biaya pendaftaran dengan kriteria sapi bali jantan dan kambing jantan.

Lomba sifatnya ekstrem jadi yang dilombakan adalah berat badan/bobot sapi/kambing yang paling besar dan sehat adalah pemenangnya. Kriteria penilaian sendiri meliputi bobot, umur dan kesehatan.

Diharapkan peternak yang punya stok sesuai kriteria bisa segera mendaftar yang akan ditutup tiga hari sebelum hari H (27 Mei 2024).

Untuk total hadiah yang disediakan sebesar Rp 7.500.000,-, piala serta piagam dari Bupati Banjar, dan hadiah akan ditingkatkan lagi pada tahun  mendatang. (dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *