Lapas Kotabaru Fasilitasi Peningkatan Kompetensi Warga Binaan

oleh -121 views
Pelatihan Jasa Kontruksi oleh Lapas Klas II B Kotabaru sebagai peningkatan kompetensi warga binaan agar mereka siap kembali ke masyarakat (foto: icah/koranbanjar.net)

KOTABARU,KORANBANJAR.NET – Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas II B Kotabaru di Kabupaten Kotabaru, fasilitasi peningkatan kompetensi warga binaan melalui Pelatihan Jasa Kontruksi bagi warga Binaan dan petugas Lapas, Senin (18/2).

Kepala Seksi (Kasi) Pembinaan Anak Didik dan Kegiatan Kerja (Binadik Giatja) Lapas Klas II B Kotabaru, Hartono kepada KoranBanjar.net mengatakan, pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dibidang kontruksi.

“Melalui kegiatan pelatihan ini, selain meningkatkan kompetensi, warga binaan juga memperoleh sertifikasi,” katanya.

Kegiatan pelatihan disertai dengan pembuatan karya dari kayu seperti mebel dan pertukangan batu untuk perbaikan bangunan yang rusak.

Diharapkan, ujarnya, setelah keluar nanti warga binaan memiliki keterampilan sebagai bekal untuk kembali ke masyarakat.

“Walaupun misalnya warga binaan yang bersangkutan belum mahir, namun setidaknya memiliki sertifikat sebagai bentuk pengakuan atas kemampuan mereka,” ujarnya.

Dengan adanya pengakuan berupa sertifikat tersebut, diharapkan dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap keahlian mantan warga binaan yang sudah bebas nantinya.

Kegiatan pelatihan itu sendiri dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia, hasil kerja sama antara Dirjen Pemasyarakatan dengan Dirut Bina Kontruksi Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (cah/ndi)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan