Baznas

Langka, Pisang ‘Malintang’ Betongkol Lima

  • Bagikan

GAMBUT – Warga Komplek Malintang II, Kecamatan Gambut dikejutkan dengan fenomena aneh tapi nyata. Ada pohon pisang yang bertongkol lima, padahal pada umumnya pohon pisang hanya bertongkol satu. Kontan pohon ini menjadi tontonan warga sekitar komplek yang berada di kawasan Desa Malintang Baru, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar pada Jum’at (10/11) lalu.

Menurut informasi dari warga sekitar, pohon pisang tersebut ditanam Ancau (40) yang baru saja meninggal sekitar 2 bulan lalu, akibat tersengat aliran listrik. Ancau adalah Satpam yang menjaga Taman Kanak-kanak (TK) tempat ditanamnya pohon ini.

“Dari dulu bibitnya emang udah aneh, tongkolnya bisa ada dua dalam satu pohon, tapi baru kali ini sampai jadi 5 tongkol, makanya kami kaget dan merasa aneh,” ujar Supri, warga sekitar yang tinggal tak jauh dari pohon pisang itu.

Diketahui jenis pisang ini adalah pisang mahuli, yaitu jenis pisang buah yang sering dihidangkan sebagai hidangan pencuci mulut. Awalnya tongkolnya satu persatu, karenanya warga sekitar tak begitu heran melihat pohon pisang ini. Akan tetapi, setelah tongkolnya membesar barulah warga gempar karena jumlahnya yang begitu banyak tak seperti biasa.

Karena tumbuh di kawasan fasilitas umum, rencananya saat buahnya matang akan dibagikan untuk warga sekitar. Hingga saat ini masih banyak warga yang berdatangan untuk melihat pohon pisang tersebut. (ana)

  • Bagikan