KPU Kotabaru Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

Rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 oleh KPU Kabupaten Kotabaru, bertempat di Gedung Paris Barantai Kotabaru, Senin (26/2/2024). (Foto: Kominfo Kotabaru/Koranbanjar.net)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotabaru menggelar rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024, bertempat di Gedung Paris Barantai Kotabaru, Senin (26/2/2024).

KOTABARU, koranbanjar.net Rapat tersebut dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Kotabaru Bidang Pemerintahan Zainal Arifin, Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kotabaru, Ketua KPU Kotabaru Andi Muhammad Saidi, Ketua Bawaslu Kotabaru Rony Safriansyah, Pejabat Eselon II dan III lingkup Pemerintah Kabupaten Kotabaru, perwakilan Partai Politik peserta Pemilu 2024, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Para saksi peserta pemilu.

Zainal Arifin saat membacakan sambutan Bupati Kotabaru menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh penyelenggara Pemilu 2024.

“Pemerintah Kabupaten Kotabaru menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh peserta penyelenggara Pemilu yaitu KPU, Bawaslu, PPK, PPS dan KPPS, serta aparat keamanan TNI Polri yang telah menjalankan tugasnya secara terintegritas dan berdedikasi tinggi, sehingga Pemilu serentak tahun 2024 di Kabupaten Kotabaru berjalan aman dan tertib,” ujarnya

Ia juga menambahkan tahapan demi tahapan Pemilu 2024 di Kabupaten Kotabaru telah dilalui bersama, dengan aman, damai, sejuk dan lancar.

“Tahapan rapat pleno penghitungan hasil suara hari ini tentunya menjadi momen yang ditunggu kita semua.
Maka dari itu kami berharap rapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kotabaru Rony Safriansyah juga memberikan sambutan dan aplaus kepada peserta rapat, terutama kepada KPU Kotabaru yang menjadi pelaksana pertama, sekaligus tercepat dalam penghitungan suara Pemilu 2024 se Kalimantan Selatan.

“KPU Kabupaten Kotabaru adalah Komisi Pemilihan Umum yang tercepat di Kalimantan Selatan yang melakukan tahapan rekapitulasi perhitungan di kecamatan dengan hasil yang terbaik, hingga terlaksananya tahapan puncak atau rapat pleno dari pemilu di Kabupaten Kotabaru,” ucapnya.

Lanjut dikatakannya, pelaksanaan rapat pleno tingkat Kabupaten sendiri belum berakhir, karena masih ada tahapan selanjutnya di tingkat Provinsi dan Nasional. Dan yang pasti tahapan Pemilu adalah tahapan yang melalui perjuangan panjang.

Terkait dalam pelaksanaan kegiatan kampanye partai politik di Kabupaten Kotabaru, Rony mengapresiasi para pimpinan partai politik yang tertib dalam melaksanakan ketentuan dalam kampanye, terutama penggunaan Alat Peraga Kampanye (APK)

Rony juga berpesan kepada pimpinan partai politik agar segera melaporkan dana kampanye dari masing-masing partai politik.

“Satu lagi tahapan yang dilakukan oleh pimpinan partai politik agar segera dan wajib melaporkan dana kampanye dari masing-masing partai politik, karna kalau tidak dilaporkan maka akan ada sanksi yang diterima olah para caleg dan partai politik tersebut,” tuturnya.

Dijelaskannya, Bawaslu Kotabaru bersama saksi-saksi akan terus mengawal proses rekapitulasi yang akan berlangsung selama lima hari di Gedung Paris Barantai ini.

“Apapun hasil akhirnya kepada para caleg baik DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI serta Presiden dan Wakil Presiden, mudah-mudahan hasil ini menjadikan Kotabaru lebih maju lagi,” tambahnya.

Sedangkan Ketua KPU Kotabaru, Andi Muhammad Saidi menyampaikan bahwa KPU Kotabaru sudah melaksanakan tahapan demi tahapan dari proses pelaksanaan Pemilu 2024.

“Alhamdulillah KPU Kotabaru sudah melaksanakan semua tahapan Pemilu berdasarkan peraturan perundangan-undangan yang berlaku semenjak tahapan Pemilu ditetapkan pada tanggal 14 Juni 2022,” paparnya.

Menurutnya, semua itu terlaksana berkat adanya dukungan dari pemerintah daerah, serta pengamanan dari TNI dan Polri, terutama pada hari pemungutan suara tanggal 14 Februari kemarin,” katanya.

Andi Muhammad Saidi juga mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang sudah menjalankan tugas dalam pesta demokrasi tahun 2024.

“Kami mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada KPPS, PPS, PPK yang sudah menjalankan tugas. Dan rapat rekapitulasi pada hari ini terlaksana berkat adanya dukungan dari semua elemen baik pemerintah daerah, tokoh masyarakat, unsur masyarakat, pemuda maupun media yang sangat mendukung kinerja KPU Kabupaten Kotabaru,” pungkasnya. (bay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *