oleh

KPU Banjar Seleksi 108 Calon Anggota PPK, Minggu Depan Seleksi Anggota PPS

MARTAPURA – Dalam upaya mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai melakukan rekrutmen anggota PPK, Kamis (15/2) kemarin di Kantor Komisi Pemilihan Umum  Jalan A. Yani Komp. Pangeran Antasari, Martapura Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Komesioner KPU Divisi Perencanaan dan Data, Muhammad Zain kepada koranbanjar.net mengatakan,  dari 314 calon yang lolos administrasi untuk menjadi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), yang menghadiri tes tertulis hanya 274 orang. Rata-rata setiap kecamatan  6 kandidat dari 18 kecamatan menjadi 108 orang.

“Di seleksi lagi pada hari Sabtu dan Minggu kemarin, tes wawancara dan yang dinyatakan lolos hanya 54 orang dalam 18 kecamatan. Untuk kecamatan yang tidak mengikuti, pihak KPU akan jemput bola,” ujar Zain.

Untuk dua kecamatan yang tidak mengikuti tes, lanjutnya, yakni dari Kecamatan Paramasan dan Telaga Bauntung. Hal tersebut dapat dimaklumi, karena lokasinya yang sangat jauh dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

“Kita akan meng-agendakan tes di kedua kecamatan itu,  kebetulan anggarannya ada,  dan kasihan juga kalau mereka yang kesini,  sangat jauh dan perlu biaya besar,” ujarnya.

Sementara untuk satu minggu ke depan, pihak KPU sedang melakukan rekrutmen Panitia Pemungutan Suara (PPS)  Dengan jumlah desa sebanayak 290, nantinya setiap desa akan di pilih sebanyak 3 orang.

“Untuk saat ini kami memulai seleksi lagi Panitia Pemungutan Suara. Dengan 290 desa setiap desa 3 orang. Muhammad Zain sebagai Komesioner KPU Divisi Perencanaan dan Data mengatakan dulu PPK yang menseleksi PPS sekarang diseleksi langsung oleh KPU,” ungkapnya.(sai) 

 

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: