KPH Hulu Sungai Fasilitasi Pembentukan Koperasi

oleh -88 views
MUSYAWARAH - Rapat pembentukan koperasi di Desa Haratai Hulu Sungai Selatan.

KANDANGAN.KORANBANJAR.NET – Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Hulu Sungai memfasilitasi pertemuan antara Pengurus Lembaga Pengelolaan Hutan Desa (LPHD) Haratai dengan Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Perindustrian Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Sabtu (04/05/2019) di kantor Desa Haratai.

Pertemuan tersebut dalam rangka pembangunan koperasi di Desa Haratai, mengingat desa ini merupakan salah satu desa di Kecamatan Loksado dengan mata pencaharian beragam. Usaha- usaha yang berkembang di masyarakat, antara lain bidang pertanian/ladang, perkebunan (karet, kemiri, kayu manis, jengkol dan buah – buahan), bahkan di bidang wisata.

“Desa Haratai memiliki usaha beragam, bahkan usaha di bidang wisata alam pun ada disini. Koperasi bertujuan agar usaha – usaha yang dilakukan berkembang. Sehingga pendapatan dan kesejahteraan masyarakat meningkat,” kata Dahliana, Kepala Seksi Usaha dan Pembiayaan Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Perindustrian Kabupaten HSS.

Pada pertemuan tersebut disepakati dibentuk Koperasi Serba Usaha (KSU) dengan nama Haratai Rimba Lestari. Ditetapkan pula 7 orang pengurus, terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, wakil sekretaris, bendahara dan 3 orang pengawas. Pengawas berasal dari unsur masyarakat ( 2 orang ) dan KPH Hulu Sungai ( 1 orang ).

Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan Kabupaten HSS, Ermi Yuliana menyarankan kepada pengurus yang sudah ditetapkan agar melengkapi berkas – berkas pengajuan usulan pembentukan koperasi. Selanjutnya akan dikukuhkan melalui akta notaris.

“Pembangunan koperasi ini diharapkan dapat berjalan lancar. Sesuai dengan fungsinya, kedepan bisa memberdayakan masyarakat melalui berbagai kegiatan. Baik kegiatan di LPHD Haratai maupun di masyarakat desa,” kata Priyadi, Kepala Seksi Pemanfaatan Hutan KPH Hulu Sungai.

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan