Konsumsi Makanan Terkontaminasi Bisa Menyebabkan Diare, Apa Itu Diare?

Ilustrasi layanan kesehatan masyarakat di RSD Idaman Kota Banjarbaru. (Sumber Foto: RSD Idaman Kota Banjarbaru/koranbanjar.net)

Mengalami penyakit diare yang berkepanjangan dan berat maka segera berobat ke RSD Idaman Kota Banjarbaru. Namun, ada baiknya pula masyarakat mengenal yang namanya penyakit diare.

BANJARBARU, koranbanjar.net – Melalui instagram RSD Idaman Kota Banjarbaru disebutkan diare adalah kondisi di mana seseorang mengalami tinja yang encer, sering, dan dalam jumlah lebih banyak dari biasanya.

Biasanya, diare ini terjadi karena disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau parasit yang masuk ke dalam saluran pencernaan.

Hal ini dapat disertai dengan gejala seperti kram perut, mual, muntah, demam, dan kelemahan. Diare dapat terjadi secara akut, berlangsung selama beberapa hari, atau kronis, berlangsung lebih lama.

Hal-hal seperti konsumsi makanan yang terkontaminasi, air minum tidak steril, atau infeksi saluran pencernaan dapat menjadi penyebab diare.

Dalam kasus diare yang berkepanjangan atau berat, konsultasikan dengan dokter untuk penanganan yang tepat guna memastikan kesehatan yang lebih optimal.

Penyebab diare diketahui sebagian besar diare disebabkan oleh infeksi kuman, racun bakteri atau obat-obatan.

Perlu diingat adalah makanan minuman dan obat obatan yang dikonsumsi terakhir sebelum terjadi diare, kegiatan yang berhubungan dengan air seperti kemah, berenang dan lainnya, jarak waktu antara makanan minuman terakhir dan saat terjadinya diare.

Penanganan diare secara mandiri di rumah, lanjutkan pemberian makanan untuk penderita dewasa, akan lebih nyaman dengan menghindari makanan tinggi serat misalnya nasi padat, makanan dan minuman yang terbuat dari susu seperti susu, keju dan kafein juga minuman kola

Cara menghindari diare, selalu gunakan air bersih, cuci tangan dengan sabun terutama setelah Buang Air Besar (BAB) dan saat menyajikan makanan, dan gunakan jamban yang benar. (dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *