Kalsel  

Komitmen Transparan, BAZNAS Kalsel Klaim 19 Ribu Masyarakat Sudah Merasakan Daging Kurban Iduladha

Masyarakatnya penerima manfaat Kurban Berkah BAZNAS sudah merasakan daging kurban Iduladha. (Foto: BAZNAS Kalsel/Koranbanjar.net)

Sebanyak 19 ribu masyarakat penerima manfaat merasakan daging Kurban Berkah BAZNAS merupakan salah satu bentuk Komitmen Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kalimantan Selatan menekankan transparan dalam pengelolaan dana yang diamanahkan.

BANJARMASIN, koranbanjar.net Wakil Ketua III Bidang Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan BAZNAS Kalsel, H Ahmad Rafiie, menyampaikan pelaksanaan ibadah Kurban Berkah BAZNAS Kalsel tahun 2024 telah mencapai puncaknya.

“Sebanyak 19 ribu penerima manfaat di berbagai wilayah di Kalimantan Selatan merasakan kebahagiaan Iduladha dengan menerima hewan kurban yang disalurkan oleh BAZNAS Kalsel,” ujarnya, Kamis (20/6/2024) di Banjarmasin.

Lanjutnya, penyaluran hewan kurban dilakukan baik secara langsung oleh tim BAZNAS Kalsel maupun melalui kerjasama dengan BAZNAS di daerah.

Kegiatan ini berlangsung hingga 19 Juni 2024 kemarin, dengan titik penyaluran utama di Banjarmasin dan beberapa wilayah lainnya.

“Setelah ini tugas kami adalah melaporkan hasil pelaksanaan Kurban Berkah BAZNAS Kalsel. Tim panitia sedang mempersiapkan laporan kepada masyarakat dan mitra,” katanya.

Dia menjelaskan hal ini merupakan tugas BAZNAS menyampaikan apa yang dilakukan pada pengelolaan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) di Kalsel, khususnya pada momen pengelolaan DSKL (Dana Sosial Keagamaan Lainnya) yaitu pelaksanaan kurban.

Kendati waktu pelaksanaan di hari H kami juga sudah langsung menyampaikan ke mudhohi penyembelihan hewan kurban dan pembagian dagingnya,” jelasnya.

Syafii, salah satu penerima manfaat di Desa Hariang, Tabalong, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas program Kurban Berkah BAZNAS Kalsel.

“Kurban Berkah BAZNAS Kalsel ini lah yang menjadikan kami semua bisa kumpul dan bergotong royong. Rasa kekeluargaan sangat terasa sekali di sini. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih banyak,” ucap Syafii penuh haru.

Miki, seorang muallaf di Desa Sungsum, Balangan, mewakili para muallaf di desanya, juga menyampaikan rasa terimakasih kepada BAZNAS Kalsel dan para mudhohi (orang yang berkurban) telah menitipkan hewan kurban bagi mereka.

Selain penyembelihan hewan kurban mudhohi perorangan, baik sapi maupun kambing, BAZNAS Kalsel juga bermitra dengan 10 lembaga diantaranya Bank Indonesia, BRI, MayBank, PT Jhonlin Group, PT Kaltrabu Indah, JNE Banjarmasin.

“Kemudian Rumah Tahfiz Al Alzhar Al Syarif, Rumah Amal Ukhuwah, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan,” tutupnya. (yon/bay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *