Ketua PKK Banjar Imbau Manfaatkan Pekarangan Rumah Untuk Menanam

oleh -99 views
Ketua PKK Banjar Imbau Manfaatkan Pekarangan Rumah Untuk Menanam
(foto: asfi/koranbanjar.net)

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar bersama Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Selatan, panen kebun percontohan PKK Kabupaten Banjar, di Jalan Sekumpul Ujung, Desa Indrasri, Martapura, Rabu (3/4/2019).

Panen dipimpin langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, Hj Raudhatul Wardiyah didampingi Wakil Ketua II TP PKK Kabupaten Banjar, Hj Budiarti Nasrun Syah dan dihadiri oleh Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Kabupaten Banjar.

Hj Raudhatul Wardiyah bersyukur dapat melakukan dua kegiatan panen sekaligus, yaitu panen bunga melati di Desa Jingah Habang dan panen sayur mayur di kebun PKK Desa Indrasari.

“Alhamdulillah, Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar dapat melakukan dua panen sekaligus,” tutur Raudhatul Wardiyah. Kebun PKK Kabupaten Banjar berkerjasama Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Kabupaten Banjar.

“Kami berharap para kader-kader PKK dengan adanya Kebun percontohan ini dapat mencontoh dan memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanami sayuran, buah-buahan, bunga, dan lain-lain,” imbaunya.

Selain dapat menghijaukan, lanjut Raudhatul, juga dapat menghiasi pekarangan rumah dan mengurangi pengeluaran belanja rumah tangga.

Sebelumnya, Hj Raudhatul Wardiyah beserta rombongan meninjau Desa Jingah Habang Ilir yang merupakan salah satu desa sentra produksi florikultura yaitu bunga mawar, melati dan kenanga yang pemasarannya sudah sampai luar daerah Kalimantan Selatan.

“saat ini pemasaran produk florikultura kita sudah sampai luar Kalimantan Selatan yang dijual berupa bunga segar, maupun berbentuk rangkaian bunga untuk keperluan adat perkawinan maupun kegiatan keagamaan,” katanya.

Ia berharap kepada Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura agar dapat memberikan pelatihan-pelatihan berupa teknis budidaya maupun pengolahan florikultura guna meningkatkan nilai ekonomis masyarakat. “Sehingga dengan adanya pelatihan-pelatihan tersebut, kesejahteraan petani juga meningkat,” pungkasnya

Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banjar saat ini sudah mempunyai produk florikultura berbahan dasar bunga, diantaranya Massage Oil dan Minyak Angin berbahan dasar bunga Mawar, Melati, dan Kenanga serta adapula produk makanan dan minuman berupa Puding Mawar Melati dan Teh Melati hasil produksi Dinas Tanaman Pangan Hortikultura. (fia/dra)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan