Keterlibatan Perempuan dalam Pemerintahan di HSS, Kadis PMD Kalsel Takjub

KANDANGAN, KORANBANJAR.NET – Mendatangi Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) untuk melakukan penilaian lomba evaluasi perkembangan desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalsel, Kepala Dinas PMD Kalsel Zulkifi takjub dengan keterlibatan perempuan dalam pemerintahan.

Diungkapkan Zulkifli saat kedatangannya beserta tim penilaian lomba tersebut di Desa Gambah Luar Muka Rabu (22/5/2019) pukul 13.00 wita.

Ia mengatakan adanya keselarasan hubungan antara pemerintah daerah dan masyarakat, “Ini bisa kita lihat ketika saya berkunjung pertama ke kelurahan Kandangan Barat, disana ternyata lurahnya perempuan, lurah itu adalah penunjukan daripada pemerintah bukan dari masyarakat,” tuturnya.

Selanjutnya di Gambah Luar Muka ia terkejut juga ternyata kepala desanya lagi-lagi perempuan sedangkan kepala desa bukan ditunjuk pemerintah tertapi masyarakat yang memilih sendiri.

Zulkifli memaparkan artinya sebagai sampel program di Kabupaten Hulu Sungai Selatan ini memiliki perspektif gender yang kuat dimana merupakan salah satu program mainstream bukan hanya tingkat nasional tetapi tingkat dunia.

“Program tersebut bagaimana memberdayakan masyarakat khususnya perempuan turut aktif berpartisipasi dalam keikut sertaan didalam pembangunan,” ucapnya.

Pada lomba tersebut kabupaten HSS mengikutsertakan Kelurahan Kandangan Barat yang dipimpin seorang perempuan Hj Nodiana dan Desa Gambah Luar Muka yang dipimpin Nuria Farida.

Kunjungan tim penilai dimulai dari pukul 09.00 ke kantor lurah Kandangan Barat dan yang kedua ke kantir Desa Gambah Luar Muka pukul 13.00 wita. (yat)

Read Previous

Meriahkan Perang Meriam Karbit, Panitia Siapkan Modal Ratusan Juta

Read Next

Desa ini Manfaatkan Lubang Galian Batu Bata Menjadi Kolam Ikan

Tinggalkan Balasan