oleh

Kesultanan Banjar Ikuti Internasional Gamelan Festival di Solo

SOLO, KORANBANJAR.NET – Kiprah Kesultanan Banjar di kancah nasional sepertinya mendapat perhatian khusus dari kesultanan-kesultanan di seluruh nusantara. Salah satu buktinya, saat ini Kesultanan Banjar turut undang dalam even internasional, yakni Internasional Gamelan Festival di Kota Surakarta Solo mulai 9 hingga 16 Agustus 2018.

Rombongan
Rombongan

“Dalam acara ini kita diundang panitia pelaksana bersama dua kesultanan yang lain. Kesultanan Banjar, Kesultanan Yogyakarta dan Kesultanan Cirebon. Malam tadi (Senin malam) kita tampil di Balai Kota Solo dengan menampilkan rombongan Kesenian Sanggar Ading Bastari Barikin yg juga merupakan binaan Kesultanan Banjar. Acara dibuka oleh Mendikbud,” demikian diutarakan perwakilan Kesultanan Banjar, Fitri kepada koranbanjar.net, siang tadi.

Dijelaskan lebih detil, kegiatan telah melibatkan 47 gamelan nusantara, antara lain grup gamelan dari Kota Jakarta, Surabaya, Bandung, Banyuwangi, Solo, Yogyakarta, Padang, Magelang, Sampang hingga Flores.

Logo
Logo

Dia menambahkan, kegiatan dimulai dari tanggal 9 hingga 16 Agustus 2018 dengan Konser Nabuh Bareng 73 Kelompok, disusul dengan Seremonial Pembukaan, Opening Concert dengan melibatkan antara lain, Rahayu Supanggah dari Solo, I Wayan Gede Yudona dari Bali. Adapun Taufik Adam dari Jakarta dan Garin Nugroho dari Jakarta.

Sementara itu, penampilan rombongan kesenian dari Kesultanan Banjar telah mendapat apresiasi dari penyelenggara. Salah soerang seniman dari penampilan rombongan Kesultanan Banjar, Lupi Andreani telah mendapat penghargaan yang akan diserahkan pada acara penutupan.

Di tempat terpisah, Sultan Banjar Ir. Haji Khairul Saleh, sangat mengpresiasi rombongan kesenian Kesultanan Banjar yang telah mengikuti kegiatan Internasional Gamelan Festival tersebut, serta memberikan apresiasi pula kepada seniman yang telah mendapat penghargaan.

“Kegiatan ini kan merupakan bagian dari masyarakat kita untuk melestarikan budaya Nusantara. Alhamdulillah kita mendapat kesempatan untuk terlibat menyukseskan kegiatan ini dengan mengirimkan rombongan kesenian binaan Kesultanan Banjar,” ungkap Khairul Saleh.(sir)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: