Andin Singgung Bidang SDA dan DLH agar Perhatikan Kalimati

MARTAPURA,KORANBANJAR.NET- Anggota DPRD Kabupaten Banjar, Andin Sofyannor, Sh, MH melakukan reses, Selasa (14/08/2018) di Kelurahan Murung Keraton Martapura. hal itu dilakukan untuk memperoleh masukan-masukan serta untuk menyerap atau menjaring aspirasi masyarakat di masing-masing daerah pemilihan (Dapil), untuk selanjutnya diteruskan kepada pihak eksekutif agar ditindaklanjuti sebagai bahan penyusunan RKPD.

Andin mengatakan bahwa aspirasi yang disampaikan masyarakat kebanyakan adalah mengenai infrastruktur dan modal untuk usaha, karena masyarakat Murung Keraton ini notabene adalah pedagang, karena berada dekat dengan pasar.

“Adapun infrastuktur daerah Murung Keraton ini lumayanlah, tetapi perlu pembenahan untuk akses keluar masuk, dulu jembatan antara Murung Keraton dengan Murung Kenanga itu jembatan kecil, yang mengakibatkan saat kebakaran tahun 2004 akses mobil masuk tidak bisa. Alhamdulillah jembatan tersebut saat ini sudah dibangun besar,”katanya

Reses
Reses

Dia juga menambahkan, mengenai masalah lingkungan di kelurahan Murung Keraton, ini harus ada perhatian khusus dari pemerintah yang terkait dan juga masyarakat.

“Antara pemerintah harus bekerjasama, contoh, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang melalui bidang Sumber Daya Air membangun saluran kalimati, setelah selesai membangun tentunya harus ada dinas yang memperhatikan yaitu Dinas Lingkungan Hidup. Untuk mengimbau agar masyarakat dan pedagang tidak membuang sampah adalah dari PD Pasar dan Kelurahan Murung Keraton, tentunya akan tercipta lingkungan yang baik,” katanya.

Menurutnya, soal lingkungan daerah Murung Keraton ini, tentunya sedikit repot, karena ini bukan hanya soal kemauan masyarakat, tetapi peran serta pemerintah harus konsisten dalam mengatur. Seperti masalah kebersihan, pemerintah untuk mengajak masyarakat peduli lingkungan tidak hanya melakukan kegiatan setiap ada momen besar, tetapi harus bekesinambungan.

“Pemerintah harus membuat aksen untuk menyadarkan, dengan cara peneggakkan hukum yang baik, selain itu juga harus ada penyiapan sarana prasarana, harus ada tempat mediasi, tempat masyarakat bisa tahu kalau membuang sampah sembarangan dendanya sekian, itu harus dilakukan pemerintah, mungkin hari ini akan kita sampaikan kepada masyarakat tentang aturan membuang sampah sembarangan.”pungkasnya.(sai/sir)