Kab Hulu Sungai Selatan

Kenang Pembentukan Kecamatan Daha Barat, Bupati; Dulu Daerah Ini Terpencil

KANDANGAN,KORANBANJAR.NET – Bupati Hulu Sungai Selatan, H. Achmad Fikry beserta Wakil Bupati, Syamsuri Arsyad menghadiri peringatan sekaligus syukuran Hari Jadi ke 12 Kecamatan Daha Barat, di halaman kantor kecamatan setempat, Senin (07/01/2019) dari pukul 08.00 wita.

Kecamatan Daha Barat merupakan kecamatan yang baru berdiri sejak 02 Desember 2006, hasil pemekaran dari Kecamatan Daha Selatan. Dulunya, kecamatan ini merupakan daerah terpencil yang jauh dari pusat pemerintahan dan belum ada akses transportasi darat, melainkan hanya transportasi sungai.

Bupati Hulu Sungai Selatan dalam sambutan menyampaikan ucapan selamat serta mendoakan untuk usia yang ke 12 tahun agar bisa lebih maju dan masyarakatnya lebih sejahtera.

“Alhamdulilallah saya mengikuti sejak awal mula berdirinya Kecamatan Daha Barat ini, dan saya yakin bahwa kecamatan ini adalah kecamatan yang penuh harapan di masa yang akan datang, dan saat ini sudah mulai dirasakan kemajuan salah satunya sudah berkembang investor kelapa sawit,” ucapnya.

Bupati menambahkan, berdirinya sebuah kecamatan adalah dalam rangka pelayanan kepada masyarakat dan untuk mempermudah proses pelayanan masyarakat.

“Saya dulu masih ingat (Desa) Bajayau ini kantor perwakilan kecamatan dan satu lagi di (Desa) Pasungkan. Cuma Pasungkan itu lebih dekat jarak ke Tambak Bitin (pusat pemerintahan Kecamatan Daha Selatan) dan akses jalan sudah ada, maka dihilangkan tinggal perwakilan Bajayau ini,” kenangnya.

Seiring waktu bertambahnya kemajuan zaman, maka berdirilah Kecamatan Daha Barat, jadi Bupati menyampaikan bahwa dalam pendirian kecamatan semangatnya adalah mendekatkan pelayanan.

“Kalau dulu mungkin beberapa jam untuk sampai ke Negara untuk berurusan, dengan ditetapkan berdirinya kecamatan, maka lebih mudah berurusan dengan pemerintah, jadi itulah latar belakangnya,” ungkapnya.(mj-025/sir)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close