Kalsel  

Kembangkan Olahraga Tradisional, Dispora Kalsel Gandeng Portina dan Kormi

Olahraga tradisional balogo sangat digemari warga Kalsel. (Sumber Foto: Kominfo Kalsel)
Olahraga tradisional balogo sangat digemari warga Kalsel. (Sumber Foto: Kominfo Kalsel)

Untuk memajukan dan kembangkan olahraga tradisional, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel menggandeng dua organisasi, Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina) dan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi), agar tidak tergerus oleh zaman.

BANJARMASIN,koranbanjar.net -Karena, kata Kepala Bidang Pemberdayaan Olahraga, Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel M Nasir, memajukan olahraga tradisional tidak bisa hanya Dispora sendiri.

“Perlu dukungan dua organisasi tersebut,” imbuh M Nasir, di ruang kerjanya di Banjarmasin, Rabu (19/5/2021).

Menurutnya, organisasi Portina tersebut khusus berbicara soal olahraga tradisional sedangkan Kormi lebih pada rekreasi dan tradisonal yang ada di masyarakat.

Peran dua organisasi ini penting dalam upaya memajukan dan mengembangkan olahraga tradisional.

“Bahkan olahraga tradisional merupakan budaya masyarakat yang harus terus digalakkan dan potensinya harus digali,” ujarnya.

Untuk itu, maka setiap tahunnya akan diadakan lomba tingkat provinsi yang dikoordinir oleh Dispora Kalsel.

Dalam lomba tingkat Provinsi Kalsel, kabupaten dan kota akan menggali olahraga tradisional apa saja yang ada di wilayahnya masing-masing.

Olahraga tradisional Kalsel sendiri mempunyai 26 cabang olahraga, bahkan ada beberapa olahraga yang populer yaitu balogo, sumpit, bagasing, silat kuntaw budaya dan lainnya.

Ia berharap, Dispora selaku pembina olahraga terus dapat bersinergi dengan Portina maupun Kormi dalam mendorong agar teman-teman terus melakukan aktivitas penggalian ataupun pembudayaan olahraga tradisional.

“Kami Dispora Kalsel siap memberikan dukungan penuh dalam menggelorakan olahraga tradisional di Kalsel,” katanya. (kominfokalsel/dya)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *