Baznas

Kelurahan Sekumpul Siapkan Sarana Bermain

- Tak Berkategori
  • Bagikan

Untuk Warga yang Bawa Anak selagi Berurusan 

MARTAPURA – Salah satu terobosan diluncurkan pihak Kelurahan Sekumpul, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar. Mendidik sambil bermain, itulah konsep yang dilakukan pihak kelurahan. Program Kelurahan Layak Anak dan Kawasan Eco Religi ini sepertinya menjadi satu-satunya program kelurahan dari 7 kelurahan di Kecamatan Martapura.

Melalui program ini, Lurah Sekumpul, Gusti Marhusin mengajak anak-anak untuk mengenal agama dengan cara bermain.

“Kelurahan Sekumpul menjadi kelurahan pertama yang menerapkan kelurahan layak anak, bahkan menjadikan kelurahan Eco Religi,” ungkap Marhusin kepada Koran Banjar, belum lama tadi.

Dalam program ini, juga disediakan pojok baca untuk anak-anak yang ikut orangtuanya saat melakukan urusan di kelurahan, supaya anal-anak tidak bosan dan tidak mengganggu.

“Setelah diadakan kelurahan layak anak, nak-anak yang dibawa orangtuanya menjadi betah dan tidak rewel. Bahkan sempat ada anak yang tidak mau diajak pulang,” tutur Gusti Marhusin.

Dia menambahkan, pihak kelurahan juga mengajak anak-anak untuk mengenal agama lewat bermain. Dengan cara membuat kaligrafi Alqur’an di dinding kelurahan.

“Kami menuliskan kaligrafi Alqur’an di dinding bangunan kantor kelurahan yang memang disediakan khusus, supaya anak yang datang ke sini bermain sambil belajar. Sebab pengetahuan agama itu sangat penting bagi anak-anak penerus bangsa,” tambahnya.

Sementara itu, pojok baca untuk anak disediakan untuk anak-anak yang sudah memasuki fase sekolah dari TK hingga SD, bahkan SMA.

Program Kelurahan Layak Anak ini merupakan program dalam bentuk penyediaan ruang bermain untuk anak-anak. Ruangan berada di ruang lingkungan Kantor Kelurahan Sekumpul yang beralamat di Jl Pendidikan, Kota Martapura.

Ruang tersebut dihias menarik, dengan warna yang serba hijau. Kemudian dipagar dengan warna-warni serta dilengkapi dengan sarana bermain anak-anak. Selagi masyarakat yang sedang berurusan ke Kantor Kelurahan tengah membawa anak, dapat memanjakan anak-anak mereka bermain sambil menunggu urusan selesai.(sen)

  • Bagikan