Baznas

Bikin Bolu Kukus 1.000 Biji per Hari

- Tak Berkategori
  • Bagikan

Kelompuk Usaha Berkat Guru

MARTAPURA – Melihat banyaknya peminat kue tradisional, Muhammad Qomaruddin yang masih terbilang sangat muda, membangun sebuah kelompok usaha home industri – usaha rumahan, red — Kelompok Kue Kering dan Basah (KPKKB) Berkat Guru. Komunitas Usaha KPKKB terbentuk sejak 14 Juli 2016 di Kelurahan Murung Keraton. Salah satu produksi anggota KPKKB, yakni Qomaruddin telah memproduksi bolu kukus mawar, kembang goyang, bingka, dan lain sebagainya.

Ketua KPKKB, Muhammad Qomarudin berkeinginan memajukan usaha kecil yang ada di Kelurahan Murung  Keraton, dengan cara memberikan pelatihan dan advokasi kebijakan implementasi untuk memajukan usaha mikro dan kecil di Kelurahan Murung Keraton.

“Saya memberdayakan usaha kecil home industri ini dengan niatan ingin mengangkat usaha masyarakat tingkat bawah dan menengah agar menjadi usaha yang maju, hususnya yang ada di Kelurahan Murung Keraton,” tutur Qamarudin.

Usaha home industri ini dibina Disperindag Kabupaten Banjar bersama dengan mitra lainnya.

Proses pembuatan kue bolu kukus mawar yang dibuat Muhammad Qamarudin sangat sulit, karena itulah tidak banyak orang yang mau membuatnya. Hal ini membuat Qamarudin menjadi kewalahan, setiap hari dia harus membuat bolu kukus sebanyak 1.000 kue, dan itupun masih banyak langganan yang masih belum kebagian.

Selain itu dia mulai mebuat bolu kukus ini dari pukul 03 : 00 – 04:00 dinihari, lalu pukul 05 : 00 – 07 : 00 sudah memasuki proses jadi.

Kembali beraktivitas membuat adonan pada pukul 15 : 00 atau 16:00 wita. Bahan yang digunakan berasal dari sumber daya alam yang tersedia.

Pemasaran produknya ini hanya mengandalkan warung-warung kopi yang ada di pinggir jalan dan pasar-pasar, walau hanya warung kopi, tetapi dia keuntungan yang didapatnya lumayan banyak.

Dari 1.000 bolu kukus yang dibuat selama sehari masih tidak dapat mengantarkan ke warung-warung langganan. “Saya mengucapkan terima kasih kepada Disperindag dan pihak Kelurahan atas dukungan dan bantuannya. Semoga kerjasama ini akan tetap terjalin,” pungkasnya.(sen)

  • Bagikan