Kalimantan Selatan

Kejari Martapura Luncurkan Aplikasi SIAP TERPADU, ini Fungsinya

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Kejaksaan Negeri (Kejari) Martapura secara resmi meluncurkan Sistem Informasi Administrasi Pidana (SIAP) TERPADU berbasis aplikasi online, di Kantor Kejari Martapura, Rabu (13/2/2019).

Menurut Kepala Kejari Martapura, Muji Martopo, peluncuran aplikasi SIAP TERAPDU ini merupakan hasil dari tindak lanjut rencana para pihak penegak hukum di Kabupaten sejak 2018 lalu.

“Ini merupakan hasil pemikiran bersama antara Kapolres Banjar, Ketua Pengadilan Martapura, dan teman-teman Kepala Lapas. Diharapkan aplikasi ini nantinya bisa memberikan manfaat besar bagi masyarakat Kabupaten Banjar, khususnya masyarakat pencari keadilan,” ujarnya

Ia menerangkan, aplikasi SIAP TERPADU dapat berfungsi membantu pihak penyidik, penuntut umum, hakim, serta pihak lapas dalam proses administrasi hukum.

“Namun aplikasi ini masih perlu kami pantau dan dievaluasi setiap tiga bulan sekali, karena aplikasi ini belum sepenuhnya sempurna, seperti menu-menu yang perlu dibetulkan atau ditambah lagi nantinya,” kata Muji.

Sementara ini, dijelaskannya, aplikasi SIAP TERPADU hanya bisa digunakan oleh pihak aparat hukum. Akan tetapi, pihaknya berencana akan meluncurkan aplikasi ini untuk masyarakat umum, sebagai wujud trasparansi penyelenggaraan proses hukum.

“Mengingat wilayah Kabupaten Banjar yang cukup luas dengan kisaran 20 kecamatan, maka penggunaan aplikasi ini dirasa dapat menghemat waktu dan tenaga dalam proses pengadministrasian. Selain itu juga dapat mempermudah masyarakat yang akan membesuk keluarganya yang sedang ditahan,” paparnya. (fia/dny)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close