Kebun Raya Banua Dulunya Sempat Ingin Diberi Nama “Tabat Barito”

Kebun Raya Banua. (Sumber foto: Juwita/koranbanjar.net)

Berbagai jenis tanaman obat-obatan di Kebun Raya Banua yang berada di Jalan Aneka Tambang, Palam, Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel).

BANJARBARU, koranbanjar.net – Tanaman ini akan terus dikembangkan di lokasi yang luasnya mencapai 100 hektare ini. Ada sekitar 774 spesimen dari 30 ribu tanaman obat di sana.

Seksi Penelitian, Konservasi, Tumbuhan, dan Exi-situ UPT Kebun Raya Banua, Laili mengaku, dulunya lokasi ini ingin diberi nama “Tabat Barito”. Ya, nama itu merupakan jenis tanaman obat yang memiliki khasiat. Pasalnya, tanaman ini banyak tersebar di tempat yang sekarang disebut sebagai “Kebun Raya Banua”.

Khasiat tanaman obat tabat barito dipercaya dapat menyembuhkan batuk berdahak, diare, dan tumor.

Selain tanaman obat-obatan, juga terdapat tanaman buah, bunga, kayu, tumbuhan atsiri, aromatik, rempah, dikotil, anggrek hingga tanaman langka lainnya.

Fasilitas yang terdapat di kebun Raya Banua ini, terdapat tempat duduk yang tersebar di area taman, gazebo, taman bermain, menara pandang dan rumah kaca. Bahkan, ada taman labirin yang cukup luas serta fasilitas lainnya yang memberi kenyamanan bagi para pengunjung.

Sementara itu, Kasi Penelitian, Konservasi, Tumbuhan, dan Exi-situ UPT Kebun Raya Banua, Syahril Jayansyah menambahkan, taman ini selain bisa dinikmati keindahannya juga dapat untuk kegiatan belajar penanaman pohon di tempat yang telah disediakan.

“Banyak siswa siswi yang datang dari berbagai daerah untuk mempelajari tumbuhan dan tanaman. Jadi, mereka juga berkesempatan untuk bisa belajar menanam tanaman di Kebun Raya Banua,” jelasnya.

Seperti diketahui, Kebun Raya Banua buka mulai hari Senin sampai Jumat, pukul 08:00-16:00 Wita. (MJ-37/YKW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *