Kombes Pol. Dr. Faizal Ramdhani, S.Sos,. S.I.K,. MH

Karhutla Kalsel di Desa Sampurna Kabupaten Batola Terjadi Sejak Kemarin

  • Bagikan
Karhutla di Desa Sampurna, Kabupaten Batola, Kalsel.
Karhutla di Desa Sampurna, Kabupaten Batola, Kalsel.

Kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) di Desa Sampurna, Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala, Kalsel terjadi sejak kemarin Senin, (27/9/2021) malam. Meski Karhutla terjadi jauh dari pemukiman penduduk, namun tetap harus diwaspadai.

BATOLA, koranbanjar.net – Karhutla di wilayah Kabupaten Barito Kuala tidak hanya terjadi pada Desa Sampurna, tetapi juga terjadi pada Desa Talaran beberapa hari lalu. Bahkan Karhutla di lokasi tersebut harus dipadamkan dengan menggunakan helikopter.

Menurut anggota BPBD Syahril kepada koranbanjar.net, Selasa, (28/9/2021) beberapa hari lalu terjadi Karhutla di Desa Talaran yang harus menggunakan unit helikopter untuk melakukan pemadaman.

Barisan Pemadam Kebakaran juga senantiasa melakukan pengawasan terhadap Karhutla yang terjadi, bila mendekati pemukiman penduduk, sejumlah BPK langsung meluncur untuk melakukan pemadaman.

Sahril menambahkan, pihaknya mengawasi api dari kejauhan, karena pada waktu malam api lebih jelas kelihatan.

“Tak hanya kami yang stand by menunggu api, rekanan BPK Kabupaten Batola juga stand by dan menunggu kabar dari kami. Apabila api sudah dekat, maka kami langsung turunkan unit untuk melakukan pemadaman,” tambahnya.

Dia berharap, masyarakat harus tetap waspada, “kami meminta kepada rekanan BPK Batola agar stand by di tempat masing-masing, agar tidak terjadi kebakaran pada pemukiman penduduk,” ujarnya.

Sahril mengaku bingung dengan adanya Karhutla di Kabupaten Batola, terutama tentang asal api. (mj-39/sir)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *