Kalsel Masih Kekurangan 220 Dokter Gigi

oleh -102 views
Kalsel Masih Kekurangan 220 Dokter Gigi
13 Dokter Gigi lulusan Fakultas Kedokteran ULM diambil sumpah, Rabu (26/6/2019) foto: agus/koranbanjar.net)

BANJARMASIN, koranbanjar.net – 13 Dokter Gigi dari Fakulitas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM) angkatan XV telah diambil sumpah, di Gedung Teater Fakulitas Kedokteran Gigi ULM, Banjarmasin, Rabu (26/6/2019). Kini Fakulitas Kedokteran ULM sudah meluluskan sebanyak 114 Dokter gigi sejak tahun 2009.

Dekan Fakultas ULM Kedokteran Gigi Rosehan Hadani mengungkapkan, semua dokter gigi lulusan ULM sudah bekerja di berbagai tempat kesehatan, baik di rumah sakit, puskesmas, bahkan menjadi dosen.

Rumah di jual di Martapura

Jasa Interior di Kalimantan Selatan

Ia menuturkan, jumlah tenaga dokter gigi di Kalsel terbilang masih kurang. Mestinya, ungkapnya lagi, di setiap 100 ribu penduduk setidaknya harus ada 11 dokter gigi.

“Sedangkan kita saat ini per 100 ribunya hanya ada 6 sampai 7 dokter gigi,” ujarnya kepada koranbanjar.net.

Penduduk di Kalsel sesuai data BPS terhitung 4.303.979 juta jiwa. Sementara Rosehan Hadani mengatakan, jumlah dokter gigi saat ini hanya ada 250 tenaga.

“Itu pun sudah termasuk dokter yang baru saja diambil sumpahnya. Jadi masih memerlukan sekitar 220 dokter gigi lagi,” tuturnya.

Pihak universitas sendiri tidak membatasi bagi para dokter lulusan Fakultas Kedokteran ULM untuk bekerja di luar Kalsel. Kendati demikian, tambahnya, hampir 90 persen memilih bekerja di Kalsel.

“Tidak membatasi hak mereka untuk memilih bekerja di mana, tetapi banyak institusi yang memerlukan, seperti Balangan, Tabalong yang memerlukan 10 dokter gigi. Mereka juga dikontrak seperti di Balangan ini, nanti pada waktu CPNS kita ajukan. Kami sendiri memerlukan 20 untuk dosen namun yang terisi hanya 16,” pungkas Rosehan Hadani. (ags/dra)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *