oleh

Kadinkes Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Di Kabupaten Banjar

MARTAPURA, koranbanjar.net – Setelah menetapkan status siaga darurat bencana non alam, Kabupaten Banjar langsung membentuk Gugus Tugas dengan juru bicara (Jubir) Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Banjar dr Diauddin, untuk menangani Virus Corona atau Covid-19.

Gugus Tugas tersebut dibentuk dalam rapat menindaklanjuti dan mengantisipasi lenyebaran Virus Corona yang diselenggarakan di Command Center Barokah, Martapura, Kabupaten Banjar, Selasa (17/3/2020).

Dalam susunan Gugus Tugas, Bupati Banjar H Khalilurrahman ditunjuk menjadi Penanggung Jawab. Sedangkan Wakil Bupati H Saidi Mansyur, Ketua DPRD Banjar HM Rofiqi SH dan jajaran Forkopimda sebagai Pengarah.

Sementara itu, Sekda Banjar H Mokhamad Hilman ST MT ditunjuk sebagai Ketua Pelaksana dan Stakeholder terkait yang menjadi anggotanya.

Sekda Hilman menjelaskan, dibentuknya Gugus Tugas ini dalam upaya siap siaga Kabupaten Banjar dalam menghadapi Virus Corona.

“Gugus Tugas ini nantinya akan bertugas dari proses pencegahan dan penanganan atau pengobatan sampai ke tahap rehabilitasi,” jelasnya.

Karena dalam Gugus Tugas ini penanganan bersifat teknis, maka Pemerintah Kabupaten Banjar mengangkat satu jubir yakni Kadinkes Banjar dr Diauddin.

“Dalam rapat tadi disepakati bahwa yang akan menjadi juru bicara adalah Kadinkes, karena penanganan ini bersifat teknis,” ucap Hilman.

Ia juga menambahkan, saat ini Pemkab Banjar telah menyediakan bagi masyarakat yang ingin melapor terkait Virus Corona bisa menghubungi 119 yang ada di Dinkes sebagai Call Center.

“Jadi bagi masyarakat yang dari 1 Maret ada melakukan perjalanan ke luar daerah atau luar negeri yang terinfeksi Virus Corona diharapkan mereka melapor. Nantinya pelaporan tersebut akan digunakan sebagai data untuk menyiapkan langkah selanjutnya,” terang Sekda Banjar.

Sekda Banjar mengharapkan partisipasi masyarakat dalam menangani bencana non alam ini.

“Kami berharap masyarakat jujur melapor dan menyampaikan, karena ini demi kemaslahatan kita bersama,” pungkasnya. (har/dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: