Baznas

Kabar Gembira, Pasar Baru dan Pasar Wangkang Segera Direvitalisasi

  • Bagikan

MARABAHAN – Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Pemkab Batola) di awal Tahun Anggaran (TA) 2018 ini akan melakukan revitalisasi terhadap Pasar Baru dan Pasar Wangkang Marabahan.

Sumber dana didapatkan dari dana Tugas Pembantuan (TP) Kementerian Perdagangan sebanyak Rp 6 miliar.

Menurut Wakil Bupati (Wabup) Batola, H Rahmadian Noor saat membina Apel (5/2),

beberapa hari lalu ia dan Kadisperindag Batola, Purkan, telah melakukan persentase. Rahmadi menerangkan, saat ini Batola sudah mendapatkan desain awal terhadap rencana bangunan pasar. Karenanya untuk menyesuaikan desain itu, sebutnya, ia telah melakukan peninjauan pasar pada Sabtu (3/2) kemarin.

“Semua pedagang di kedua pasar itu insya Allah akan tertampung. Mengingat pihak Disperindag telah melakukan inventarisasi terhadap semua pedagang mulai penjual sayur, kelontongan, dan lain-lainnya. Kalau pun terjadi kekurangan, mudah-mudahan dalam perubahan bisa kembali dianggarkan,” sebutnya.

Khusus menyangkut Pasar Baru Marabahan, Rahmadi menghendaki pihak Disperindag melakukan pendataan terhadap kios-kios yang ada. Agar jatah kios yang diberikan nantinya diprioritaskan kepada pedagang yang sudah beroperasi sebelumnya. “Saya tidak ingin nanti kios yang tersedia kurang, dan yang mengisi ternyata orang yang sebelumnya tidak berjualan,” tegasnya.

Rahmadi menambahkan, penataan pasar ini juga dalam kaitan upaya menunjang penilaian adipura. Karenanya seluruh ASN terutama pimpinan SKPD diminta untuk menunjang segala kesiapan penilaian yang diperkirakan akan dilakukan Maret mendatang. (dny)

  • Bagikan