K3poni Kopi Menyediakan Kopi Nusantara

Harga pun Relatif Murah 

BANJARBARU– Kedai K3poni Kopi (Keponi Kopi) atau lebih dikenal Kedai Kopi Kekinian, menyediakan berbagai kopi khas dari Nusantara, disajikan dengan berbagai metode penyeduhan, yang membuat cita rasa kopi semakin khas.

Dengan harga yang terjangkau bagi semua kalangan, mulai Rp8.000 hingga Rp18.000 serta dilengkapi denga wi-fi gratis. Tempat yang didesain sedemikian rupa oleh pemilik kedai Robi Kiswanto (24), membuat pelanggan betah berlama-lama.

Kedai K3poni juga menyajikan suasana yang nyaman dan ceria bagi pelanggan, dibuka dari pukul 17 : 00 – 01 : 00 wita, di Mingguraya Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Kedai ini didirikan sejak 10 Oktober 2016, menyediakan kopi khas dari Nusantara, antara lain, Kopi Aceh Gayo, Papua, Toraja, Flores, Bali, hingga yang khas dari Kalimantan Selatan yaitu Kopi Pengaron.

SUASANA – Beginilah suasana di K3poni yang selalu ramai.

“Namun yang lebih sering dipesan pelanggan adalah Kopi Gayo dan Toraja. Mungkin karena namanya sudah familiar di telinga para pecinta kopi dan masyarakat awam, selain itu cita rasanya yang sudah begitu khas cocok untuk semua kalangan,” tutur Obi — demikian Robi Kiswanto disapa–.

Selain menyediakan kopi nusantara, K3poni juga menyediakan kopi khas dari Kalimantan Selatan yaitu kopi Pengaron, memiliki ciri khas rasa yang unik dan berkarakter, apalagi proses penyangraian dengan metode tradisional.

“Mengapa kopi Pengaron saya katakan memiliki ciri khas dan berkarakter. Karena kopi dari Pengaron adalah kopi robusta yang memiliki biji lebih kecil dari jenisnya, dan terlihat dari hasil racikannya yang sedikit asam pada seruputan pertama, tetapi pada yang kedua dia akan mengeluarkan rasa rempah yang samar-samar. Kenapa jadi ada rasa rempah? Karena kopi dari Pengaron biasanya tumbuh liar dan di sampingnya ditanami rempah-rempah oleh para petani, itu yang membuat kopi Pengaron berkarakter, khas dan konsisten. Kopi Pengaron saat disajikan rasanya akan tetap konsisten, berbeda dengan kopi jenis lain yang saat suhu turun, maka rasanya akan berubah derastis. Walaupun biji kopi Pengaron kualitas ke 4, tetapi rasanya tetap bisa bersaing dengan kopi jenis robusta lainnya,” ujar sang barista sekaligus pemilik kedai, Robi.

Kopi yang disediakan memakai berbagai macam cara dan alat seduh yang beraneka ragam. Di antaranya adalah V60, Vietnam Drip, Aero Press, Shipon, Mokapot dan lain-lain. Membuat kopi harus memerlukan cara dan perlakuan khusus, dari konsistensi suhu dan hasil biji kopi yang baik. Makin bagus teknik penyeduhannya, maka akan mendapatkan secangkir kopi yang semakin nikmat.

“Penyeduhan kopi ini harus memakai tehnik khusus, jika tidak, maka akan menghasilkan kopi yang tidak konsisten dan aroma yang keluar tidak sesuai dengan yang diharapkan, dengan racikan dari tangan barista yang cekatan akan menyajikan kopi yang nikmat,” tambahnya.

Harga yang dikenakan sangat cocok untuk seluruh kalangan, dari Rp8000 hingga Rp 18.000 ribu.   Bagi para pecinta kopi, harga yang disajikan tidak begitu mahal, karena dengan sajian kopi yang sangat nikmat karena ditangani langsung oleh barista berpengalaman.

Selain dari rasa kopi yang sangat menggoda lidah, kedai yang dibuat dengan ciri khas yang sangat dimpel dan unik. Membuat kalian yang berkunjung menjadi tidak akan pernah bosan untuk berkunjung akan merasakan sensasi yang berbeda dari kedai kopi manapun.

Selain menyediakan kopi, Kedai K3poni juga menyediakan makanan ringan dan makan berat. Seperti kentang goreng, jamur krispy, chiken nuget, sosis selimut, roti bakar, ayam lada hitam, nasi ayam jamur, chiken cream soup, nasi ayam katsu, spaghetii, pancake. Dengan harga yang bervariasi, sangat terjangkau untuk kantong para mahasiswa.

Cara yang didapat Robi meracik kopi tidak dari kursus atau belajar, tetapi hanya dari otodidak semata. Walaupun hanya otodidak tetapi bisa bersaing dengan barista-barista lain.

“Saya belajar meracik kopi tidak dari sekolah atau kursus, namun hanya dari otodidak saja dan belajar dari yang sudah berpengalaman, saya yakin kopi yang nikmat tercipta dari tangan si peracik yang berbakat,” pungkasnya.

K3poni junga menyediakan paket untuk hajatan, seperti acara penikahan dan ulang tahun. Dengan harga yang ditawarkan tergolong murah Rp10.000/cup. Bagi yang berminat bisa dihubungi lewat WA (Whatsapp) 085750803125 atau di akun Instagram, K3ponikopi.(sen/adv)