oleh

Januari Hingga Agustus, 87 Titik Karhutla Ditemukan di Banjarbaru

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – BPBD Kota Banjarbaru melaksanakan Apel Siaga Kebakaran Hutan Lahan (karhutla) yang bertempat di Posko Siaga Karhutla Wengga Trikora dan dihadiri Sekda Kota Banjarbaru, Said Abdullah, Selasa (04/09).

Walaupun baru sekarang melaksanakan apel siaga karhutla, BPBD Kota Banjarbaru sudah melaksanakan tugasnya dalam mengantisipasi setiap bencana.

Seringnya terjadi karhutla di kawasan Kota Banjarbaru, BPBD Kota Banjarbaru mengaku tak akan lengah dalam memadamkannya.

Apalagi objek vital di wilayah Banjarbaru seperti kawasan Bandara Syamsudin Noor maupun wilayah yang padat penduduk, selalu diperhatikan. Karena asap yang terjadi akibat karhutla bisa mengganggu penerbangan maupun kesehatan masyatakat.

Maka itu, penjagaan yang dilakukan BPBD Kota Banjarbaru harus lebih intensif. Karena ditakutkan bisa merembet ke rumah-rumah warga.

Meskipun beberapa hari terakhir Kota Banjarbaru diguyur hujan, mungkin saja masih berpotensi terjadinya karhutla.

“Potensi kebakaran lahan masih mungkin, karena ini belum musim penghujan,” ucap Said Abdullah saat memimpin apel siaga karhutla di Posko Siaga Karhutla BPBD Kota Banjarbaru.

Sementara itu, Plt Kepala Pelaksana Harian BPBD Kota Banjarbaru, Ahmad Nizami Syarif mengatakan akan selalu mendukung dan memberikan semangat kepada BPBD Kota Banjarbaru.

“Walaupun kita terlambat untuk melakukan apel siaga karhutla dibanding kabupaten atau kota yang lain, tidak masalah, dari pada tidak sama sekali,” ujarnya.

Meski lambat dalam melakukan apel siaga karhutla, akan tetapi BPBD Kota Banjarbaru sudah mendirikan posko siaga karhutla jauh-jauh hari.

“Posko siaga karhutla sudah kita dirikan di Jalan Trikora depan Komplek Wengga yang berisi 15 orang petugas BPBD, empat orang anggota TNI dan empat orang anggota Polri. Nanti juga kita akan mengadakan apel dengan TNI dan Polri,” ucapnya.

Data sementara yang terhitung dari Januari 2018 sampai dengan Agustus 2018, di Banjarbaru sudah terjadi sebanyak 87 kejadian karhutla dengan luasan yang terbakar 366 hektar.(maf/ana)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: