oleh

Jalur Alternatif HSS Ke Banjarmasin Mulai Meningkat

HULU SUNGAI SELATAN, koranbanjar.net – Jalan alternatif menuju Banjarmasin melewati Kecamatan Simpur dan Kalumpang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mulai menjadi pilihan.

Arus lalu lintas mulai bertambah meningkat, sejak dibuka Jembatan Sungai Puting di Kecamatan Candi Laras Utara, Kabupaten Tapin.

Jalur Alternatif HSS Ke Banjarmasin Mulai Meningkat1
Jalan Bukhari Wasah Hilir Kecamatan Simpur Kabupaten HSS.

Rute termudah melewati jalur tersebut yakni dari Kota Kandangan ke Jalan Hantarukung Desa Amawang Kiri Muka. Lalu melewati Jalan Bukhari, yang melalui Kecamatan Simpur dan Kalumpang.

Selanjutnya, mengikuti Jalan Kalumpang-Margasari yang melalui Desa Kalumpang, Karang Paci hingga perbatasan Kabupaten Tapin.

Jalan di wilayah Kabupaten HSS sudah nyaman dan cukup lebar, tinggal di jalur Kabupaten Tapin yang belum sepenuhnya beraspal.

Warga Desa Wasah Tengah, Kecamatan Simpur Muhammad Noor mengatakan, saat ini lalu lintas kendaraan pribadi mulai bertambah, dari sebelum dibukanya Jembatan Sungai Puting, Kabupaten Tapin.

Bahkan, ungkapnya, angkutan umum sudah sering melewati jalan tersebut. “Sudah ada taksi colt, biasanya mereka dari Amuntai (Kabupaten Hulu Sungai Utara) yang lewat,” terangnya kepada koranbanjar.net.

Camat Simpur Abdul Karim mengatakan bersyukur, dengan dijadikannya jalan nasional menuju ibukota Provinsi Kalsel di wilayahnya, bisa menggerakkan ekonomi masyarakat.

“Otomatis banyak yang lewat, banyak pula mereka akan singgah ke warung-warung dan kios dari warga kami,” ucapnya, saat dikonfirmasi usai peringatan hari jadi ke-69 Kecamatan Simpur, Senin (13/1/2020) pagi.

Bupati HSS Achmad Fikry mengimbau masyarakat di dua Kecamatan yang berada di jalur tersebut untuk siap menghadapi naiknya arus lalu lintas.

Hal itu demi menghindari terjadinya bahaya kecelakaan lalu lintas. (yat/dya)

Komentar

Jangan Lewatkan