Istri Mafia Internasional Ditangkap, Perdagangkan Berton-ton Narkoba ke Amerika

  • Bagikan
Emma Coronel Aispuro, istri Joaquin Guzman – bos kartel narkoba Meksiko yang dikenal sebagai "El Chapo" – keluar dari Gedung Pengadilan Federal Brooklyn di New York, 5 Februari 2019.(sumber foto: VOA)

Istri dari mafia narkoba jaringan internasional, Joaquin “El Chapo” Guzman – mantan pemimpin kartel narkoba Sinaloa Meksiko yang kini mendekam di penjara –, ditangkap pada Senin (22/2/2021) atas dugaan keterlibatannya dalam perdagangan narkoba internasional. Hal tersebut diumumkan Departemen Kehakiman Amerika Serikat.

Emma Coronel Aispuro, 31, yang selalu hadir dalam persidangan suaminya dua tahun lalu, ditangkap di Bandara Internasional Dulles di Virginia bagian utara. Dia diperkirakan akan dihadirkan di pengadilan federal di Washington pada Selasa (23/2/2021).

Tidak jelas mengapa Coronel, yang memiliki kewarganegaraan ganda – Amerika Serikat dan Meksiko – berada di wilayah Washington pada saat penangkapannya.

Dok – Joaquin “El Chapo” Guzman kini mendekam di penjara ADX Florence di Colorado.(sumber foto:VOA)

Penangkapan itu terjadi dua tahun setelah pengadilan di Brooklyn, New York, menghukum Guzman – kini 63 tahun – karena memperdagangkan berton-ton narkoba ke Amerika Serikat sebagai pemimpin Sinaloa.

Dalam sidang itu, jaksa penuntut mengatakan dia mengumpulkan kekuasaan melalui pembunuhan dan perang dengan kartel-kartel saingannya.

Coronel didakwa berkonspirasi untuk mendistribusikan heroin, kokain, mariyuana, dan metamfetamin untuk diimpor secara tidak sah ke Amerika Serikat.(VOA/sir)

NEWS STORY
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *