Tak Berkategori  

Ini Manfaat Revolusi Hijau yang Digaungkan Gubernur

TAPIN, KORANBANJAR.NET – Program revolusi hijau yang digaungkan Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor melalui Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, memberikan manfaat yang luar biasa bagi warga Kalimantan Selatan.

Seperti halnya saat kita berkendara melintasi  di jalan protokol kota, tepatnya dari Kota Binuang, Tambarangan, Rantau sampai ke Kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Suasana teduh di sepanjang jalan sangat terasa sekali.

Gerakan Revolusi Hijau yang diinisiasi Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, sejak pertengahan 2016 lalu, telah mengajak masyarakat untuk terus menanam, menanam dan menanam untuk anak cucu.

Terbukti, jika dulunya di sepanjang Jl  Yani Kabupaten Tapin menuju Hulu Sungai Selatan,  kondisi udara terasa cukup panas, saat ini seiring dengan mulai tumbuh suburnya tanaman trembesi yang ditanam masyarakat, pemerintah daerah setempat dan Dinas Kehutanan Provonsi Kalsel, kawasan tersebut kini terlihat mulai  rindang.

Tanaman trembesi yang ditanam dengan jarak   teratur baik di tepi di sisi jalan  kiri maupun kanan kini tumbuh subur.

Istimewanya lagi, ketika kita melintasi jalan tersebut, ujung ranting  trembesi secara alami saling menyambung hingga menaungi jalan.

Pemandangan serupa juga bisa kita lihat saat kita melintasi kawasan Kintap, menuju Kabupaten Tanah Bumbu.

Meski kurang terlihat seindah di kawasan Binuang dan sejumlah kabupaten di Hulu Sungai terutama di Tapin dan HSS, namun tanaman trembesi di sana juga terlihat mulai tinggi dan subur.

M Noor Aini pengendara motor asal Kota Banjarmasin mengatakan, keberadaan  tanaman trembesi di area jalan protokol Binuang, Tambarangan sampai menuju Kota Kandangan, sangat dirasakan manfaatnya bagi pengendara, terutama mereka yang mengendarai kendaraan roda dua.

“Saya sendiri  sangat menikmati saat beteduh di bawah pohon trembesi ini. Selain  untuk beristirahat sejenak, juga suasana pemadangannya  juga cukup indah, sekalian mendinginkan mesin motor, sebelum melanjutkan perjalanan pulang ke Banjarmasin,  tuturnya saat ditemui di Jl Pemuda, Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin,  Senin (18/6) sore.

Aini mendoakan, semoga tanaman trembesi itu tumbuh subur karena manfaatnya sangat besar untuk menaungi badan jalan.(hmskalsel/bdm/sir).