Informasi dari BMKG; Masyarakat Diminta Waspada Terhadap Bencana Ini

oleh -76 views
BMKG - Pusat data dan informasi BMKG Banjarbaru.
BMKG - Pusat data dan informasi BMKG Banjarbaru.

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Klas 1 Banjarbaru mengimbau kepada masyarakat Kalimantan Selatan agar selalu waspada terhadap kondisi cuaca yang belakangan ini cukup ekstrim. Karena sekarang sudah memasuki puncak musim hujan.

Menurut Bagian Data dan Informasi dari BMKG Klimatologi Klas 1 Banjarbaru, Khairullah, Jumat (4/01/2018),saat ini Kalimantan Selatan berada pada puncak musim hujan. Bedanya puncak hujan dengan hujan bulan sebelumnya, misalkan yang biasanya pagi hujan lalu sore tidak hujan lagi, tetapi sekarang dapat terjadi kapan saja. Sekarang terdapat angin musim Baratan yang merupakan bawaan dari Asia, biasanya dari wilayah Asia itu membawa banyak uap air.

Sekitar bulan April atau Mei diperkirakan musim hujan berganti dengan musim kemarau. Jadi, akhir tahun dengan awal tahun adalah puncaknya musim hujan, puncak hujan artinya curah hujan sekarang lebih tinggi daripada bulan sebelumnya, sedangkan untuk prospek hujan yang akan datang sekitar untuk 10 hari di perkirakan dalam kondisi hujan menengah atau 50-150 mm.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Klas 1 Banjarbaru mengimbau jika masyarakat menginginkan informasi terupdate mengenai iklim dan cuaca untuk wilayah Kalimantan Selatan bisa dibuka di alamat website Iklim BMKG Kalsel dan Cuaca BMKG Kalsel.

“Sekarang yang harus diwaspadai adalah banjir, tanah longsor dan angin kencang. Apabila biasanya ada hujan lebat disertai angin kencang dan petir biasanya ada Awan Cumulonimbus. Awan Cumulonimbus yaitu awan yang menjulang tinggi, padat, terdapat petir dan cuaca dingin. Kalau ada awan seperti ini maka pesawat lewat pun juga akan terhempas. Maka dari itu kami akan selalu membagi informasi kepada masyarakat agar semua selalu waspada yang dapat di lihat melalui website dan media sosial. Kita juga akan mengantisipasi apabila ada kejadian yang tidak diinginkan” ucapnya.(mj-029/sir)

 

 

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan