oleh

IKM Banjarbaru Dilatih Penggunaan Media Online

BANJARBARU,koranbanjar.net – Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kota Banjarbaru mendapatkan pelatihan penggunaan media daring alias online, terutama dalam meningkatkan pemasaran produk.

Pelatihan media daring bagi IKM, bertempat di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjarbaru. Terlaksana selama empat hari, berlangsung sejak 15 Oktober sampai 18 Oktober 2019.

Kegiatan pelatihan dalam upaya menunjang dan memperluas jaringan pemasaran ini, dibuka Sekretaris Dinas Kominfo Kota Banjarbaru Iwan Hermawan SHut MM, peserta diikuti para pelaku usaha IKM dan masyarakat sekitar wilayah Kota Banjarbaru.

Narasumber dalam pelatihan media daring untuk IKM, Kadis Perdagangan Kota Banjarbaru Drs Abdul Basid MM.

Sedangkan tema disampaikan perihal IKM dalam negeri untuk mengikuti perkembangan era ekonomi digital, pemanfaatan teknologi seperti media sosial. Bertujuan meningkatkan produktivitas dan daya saing para pelaku IKM.

Para pelaku usaha IKM, sebut Iwan Hermawan, bisa melakukan pemasaran secara online seperti e-commerce untuk melakukan transformasi digital.

Tujuan lainnya dari pelatihan media daring kepada IKM, sebagai pembelajaran mengenai teknologi digital yang akan mendorong mereka lebih produktif, kreatif dan inovatif . “Mampu memulai proses dengan media online,” imbuhnya.

Di era digital, kehadiran media sosial tidak lagi hanya berperan sebagai alat komunikasi. Lebih dari itu, media sosial menjelma menjadi salah satu strategi bisnis pengembangan usaha. “Kegiatan memasarkan bisnis usaha melalui media sosial,  dikenal juga dengan istilah online marketing,” sebutnya.

Lantas, apa saja manfaatnya? Media sosial mampu menjangkau lebih banyak konsumen, cara mudah membangun jaringan, membantu membangun reputasi usaha, dapat digunakan sebagai media riset atau tolak ukur kemajuan usaha. (mj-27/dya)

Komentar

Jangan Lewatkan