Tak Berkategori  

Ijtima’ Komisi Fatwa MUI Batal Dibuka Oleh Jokowi, Tetapi Diwakilkan Kepada Kemenag

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa ke-6 se Indonesia 2018, dilaksanakan di Banjarbaru, Senin (07/05). Namun, acara yang rencananya akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo ini kemungkinan akan diwakilkan ke Menteri Agama, Lukman Hakim.

Pasalnya, Jokowi kemungkinan tidak dapat berhadir karena padatnya agenda kenegaraan. Seperti yang disampaikan oleh Wasekjen MUI Pusat, Misbahul Ulum, Minggu (06/05) malam.

“Berdasarkan konfirmasi dengan pihak istana kepresidenan, kemungkinan presiden belum bisa berhadir mengingat padatnya agenda kenegaraan. Untuk kegiatan Ijtima’ akan diwakilkan kepada Menteri Agama, Lukman Hakim,” jelasnya.

Pengurus MUI Pusat, mengapresiasi sinergitas pemda dan MUI Kalsel, yang bersama dengan masyarakat dalam mendukung dan mensukseskan kegiatan.

“Kami sangat berterimakasih kepada gubernur dan jajaran, termasuk masyarakat di sini, menyambut kami dengan penuh kekeluargaan. Ini terbukti dari persiapan sampai kedatangan peserta dan memberikan perhatian luar biasa,” imbuhnya.

Menurutnya, sejak awal kedatangan Ketua MUI, KH Ma’ruf Amin, untuk bersilaturahmi dengan Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor yang mempercayakan Kalsel sebagai tuan rumah ijtima, Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel, menyambut rombongan dengan penuh kehangatan.

“Gubernur sangat mengapresiasi dan gembira Kalsel dipercaya menjadi tuan rumah, tempat berkumpul dan bersilaturahminya para ulama melalui kegiatan ijtima’ komisi fatwa, “ terangnya.

Misbahul menambahkan, berdasarkan pengamatan, baik di media online, juga sosialisasi menggunakan media di luar ruangan, seperti papan reklame dan baliho, tersaji secara terukur dan semarak.

“Kami mendoakan, semoga dengan ketulusan Kalsel mendukung kegiatan ijtima’ komisi fatwa ini akan menjadi ladang amal bagi keberkahan masyarakat dan pemerintah daerahnya,” harapnya.

Hingga Minggu (06/05) sore, ratusan peserta ijtima’ mulai berdatangan di Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru. Diperkirakan puncak kedatangan peserta, baik pengurus MUI se Indonesia dan rombongan, berlangsung pada hari Senin (07/05) siang, mengingat acara pembukaan akan dilaksanakan mulai pukul 16:00 WITA.

Pemrov Kalsel melalui dinas terkait bersama elemen masyarakat, berbagi tugas memberikan pelayanan mengesankan kepada seluruh peserta yang datang.

Sementara dalam Rapat Koordinasi Pemantapan, Minggu (06/05) sore, panitia daerah menyatakan persiapan hari pelaksanaan sudah mendekati sempurna.

Ketua Panitia Daerah Kalsel, Anshari mengatakan bahwa semua persiapan 90% lebih sudah siap.

“Insya Allah, pelaksanaan kegiatan berlangsung lancar sesuai harapan serta menghasilkan keputusan yang mendatangkan manfaat besar bagi masyarakat, bangsa dan Negara,” katanya.(bdm/banuapost/ana)