oleh

HUT 54 Tabalong – Warna Warni Prestasi Kabupaten Tabalong

Taman Giat kota Tanjung Kabupaten Tabalong menjadi tempat bersejarah pada 1 Desember 1965 silam, ketika itu menteri dalam negeri dan otonomi daerah Dr Soemarno Sosroatmodjo meresmikan Tabalong sebagai wilayah kabupaten di depan ribuan masyarakat.

Peristiwa hari itu tidak serta merta terwujud tanpa perjuangan gigih dari para tokoh penuntut Tabalong yang dalam kurun waktu 7 tahun mencurahkan pemikiran tenaga dan waktu, guna menjadikan Tabalong sebagai daerah tingkat 2 terpisah dari Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Tongkat kepemimpinan pertama kali dipercayakan kepada Usman Dundrung dari periode 1965 sampai 1972 sebagai bupati kepala daerah.

Kemudian estafet kepemimpinan disebut haji Anang safiani dan haji zony alfianoor pada periode 2014-2019 dan dilanjutkan Haji Anang Safiani bersama Haji Mawardi pada periode 2019-2024.

Di bawah kepemimpinan Haji Anang Safiani dan Haji Mawardi pembangunan terus dilanjutkan, para pendahulu menjadi guru sekaligus inspirator dalam menentukan langkah-langkah strategi membangun Banua. Penyempurnaan penyelenggaraan pemerintah terus dibenahi, hingga dalam 5 tahun berturut-turut Kabupaten Tabalong berhasil mendapatkan penghargaan wajar tanpa pengecualian dari badan pemeriksaan keuangan, sebagai bukti bahwa penyelenggaraan pemerintah terealisasi sesuai ketentuan. Tahun 2017 Tabalong masuk dalam 7 Kabupaten terbaik di Indonesia karena dianggap berhasil mengelola keuangan daerah, menyelenggarakan pelayanan publik dan membangun perekonomian daerah. Tabalong meraih penghargaan neraca award sebagai daerah berkinerja baik.

Tabalong pun mendapat dana insentif daerah sebesar 50 miliar rupiah. Pemerintah Kabupaten Tabalong juga mendapat penghargaan predikat kepatuhan tinggi tahun 2019 dari ombudsman republik Indonesia, karena dianggap berhasil dalam memberikan pelayanan publik berkualitas, salah satunya melalui penerapan layanan perizinan yang terintegrasi secara elektronik atau single submission di dpmptsp serta penerapan digitalisasi di layanan publik. Hal ini memperkuat modal Tabalong dalam mendirikan mall pelayanan publik, melalui mall pelayanan publik pemerintah daerah mempersiapkan pusat layanan yang mencakup seluruh pelayanan publik Pemkab Tabalong, instansi BUMN, BUMD dan perbankan.

Inovasi penyelenggaraan pemerintah dalam menjawab tantangan revolusi industri, perlahan namun pasti dilakukan kabupaten Tabalong sistem pemerintahan mulai berpindah dari konvensional menuju digital, terlebih Tabalong menjadi salah satu dari 25 kabupaten kota di Indonesia yang terpilih dalam gerakan menuju 100 smart city tahun 2019.
Pemerintah Tabalong didukung stakeholder terkait berupaya menyediakan sarana pemenuhan anak pada pelayanan publik. Hasilnya tahun 2017 kabupaten Tabalong menerima penghargaan sebagai kota layak anak kategori pratama dan tahun 2018 meningkat menjadi kota layak anak kategori madya, 2019 kembali raih penghargaan kota layak anak kategori madya. Upaya pemenuhan hak anak tidak berhenti di situ saja November 2019, ruang bermain Tanjung bersinar Park mendapat sertifikasi sebagai ruang bermain ramah anak dari kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Untuk menciptakan lalu lintas yang lancar dan baik pemerintah Kabupaten Tabalong didukung PT Adaro Indonesia dan mitra kerja bersama Bank Kalsel menyediakan angkutan gratis bagi pelajar dan masyarakat umum. Saat ini Tabalong memiliki 25 unit Armada yang beroperasi di jalur dalam dan luar kota, ketersediaan angkutan gratis mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas khususnya bagi para pelajar. Tak lepas didukung dengan peran edukasi yang diberikan Polres Tabalong kepada para pelajar dan masyarakat sehingga dalam 6 tahun berturut-turut Kabupaten Tabalong berhasil mendapatkan penghargaan Wahana Tata Nugraha dari kementerian perhubungan, penghargaan diberikan karena dianggap mampu mengelola transportasi dan keselamatan berlalu lintas dengan baik.
Pemerintah Kabupaten Tabalong, untuk mensejahterakan keluarga didukung peran tim penggerak pemberdayaan kesejahteraan keluarga atau PKK sejumlah prestasi yang ditorehkan tim penggerak PKK baik di tingkat provinsi maupun nasional.
Tahun 2018, Desa Argomulyo Kecamatan Bintang Ara berhasil menjadi juara kedua tingkat nasional pada lomba pemanfaatan tanaman obat keluarga dan akupresur untuk kategori daerah terpencil.
Tahun 2019 Desa kambitin raya kecamatan Tanjung dipercaya mewakili Kalimantan Selatan dalam lomba halaman asri teratur indah dan nyaman atau hatinya PKK di tingkat nasional dengan memanfaatkan halaman sebagai tempat menanam tanaman produktif, Desa Kambitin berhasil menjadi juara 3 lomba hatinya PKK tingkat nasional tahun 2019.
Kabupaten Tabalong terus berinovasi melalui berbagai program pemerintahan yang bekerjasama dengan perusahaan dan lembaga masyarakat, di periode pertama kepemimpinan Syafiani memprioritaskan pencetakan 5000 wirausaha baru, dalam 5 tahun kepemimpinannya Tabalong berhasil mencetak 6450 wirausaha baru terampil. Pada periode kedua Tabalong menargetkan mencetak 10.000 wirausaha baru yang dikerjasamakan dengan LPK pradata melalui program Cikamaka. Usaha ini didukung dengan program klinik gerbang emas dengan bunga 0%, kredit ini ditunjukkan sebagai akses permodalan pelaku UMKM, hingga tahun 2019 pemerintah daerah telah mengalokasikan dana 10 miliar rupiah untuk program kredit gerbang emas.
Komitmen kepala daerah untuk memandirikan masyarakatnya melalui wirausaha berhasil membawa bupati tabalong meraih penghargaan sebagai bupati entrepreneur award 2019 untuk kategori perdagangan dari lembaga internasional markplus.
Selain itu bupati tabalong juga berhasil meraih penghargaan sebagai kepala daerah inovatif melalui berbagai program inovasi-nya salah satunya kredit gerbang emas. Upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga terus ditingkatkan di tabalong terdapat 13227 keluarga penerima manfaat yang mendapatkan bantuan pangan rutin setiap bulan baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, KPM mendapatkan bantuan beras maupun uang senilai 220.000 rupiah per bulan. Bantuan juga diberikan bagi kelompok usaha bersama yang terdiri dari masyarakat prasejahtera baik di perkotaan maupun pedesaan melalui masyarakat prasejahtera diberikan pelatihan ekonomi kreatif dan diberikan permodalan sebesar 20.000.000 per kelompok.
Dukungan pemerintah daerah dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera mendapat apresiasi dari pemerintah pusat sehingga bupati tabalong mendapatkan penghargaan tanda kehormatan Satya lencana pembangunan.
Kabupaten Tabalong terus berupaya memantapkan diri menjadi daerah yang layak bagi investor, tahun 2018 investasi di Kalimantan Selatan tembus di angka 11 triliun rupiah, kabupaten Tabalong menjadi penyumbang target investasi terbesar Kalsel yaitu 4,2 triliun rupiah. Tabalong saat ini menjadi lokasi dua objek vital nasional yaitu PT Pertamina yang mengeksploitasi 2648,8 barel minyak per hari dan 1195 milions standar kubik per hari. Selain itu ada PT Adaro Indonesia yang memproduksi 2290270 ton batubara pada tahun 2018. Peluang investasi di alam terbuka lebar setelah pemerintah pusat menetapkan 3000 hektar lahan di desa Saradan kecamatan haruai menjadi kawasan perindustrian yang terangkum dalam rencana detail tata ruang kawasan industri. RDTR kawasan industri menjadi pertimbangan dasar para investor dalam berinvestasi hal ini menjadikan Tabalong semakin kokoh sebagai wilayah penyandang ibukota negara yang akan dipindahkan ke Kalimantan timur. Dengan pesatnya kemajuan pembangunan, Kabupaten Tabalong bertekad menjadi metropolis baru di Kalimantan Selatan. Pemerintah Kabupaten membuka seluas-luasnya akses menuju Tabalong salah satunya melalui optimalisasi bandara warukin yang saat ini telah mengantongi izin sebagai bandara khusus yang dapat melayani umum, untuk mendukung tabalong sebagai metropolis baru di Kalsel, pemerintah daerah berupaya menjadikan Tabalong sebagai kota yang bersih indah nyaman dan teduh. Upaya ini didukung dengan prestasi Tabalong yang dalam 3 tahun terakhir berhasil mendapatkan piala Adipura untuk kategori kota kecil. Keberhasilan pembangunan Kabupaten Tabalong tidak lepas dari kontribusi Pers, pemerintah daerah membangun interaksi positif antar pers masyarakat dan pemerintahan, di Tabalong media cetak lokal berkembang pesat bahkan menjadi dengan koran lokal terbanyak di Kalimantan Selatan. Untuk mendukung kemajuan pers pemerintah daerah membangun balai wartawan sebagai wadah untuk mempersatukan pers di tabalong. Sebagai wujud dalam keterbukaan informasi publik pemerintah daerah juga membangun lembaga penyiaran publik lokal TV Tabalong dan radio suara Tabalong, atas peran aktif pemerintah daerah dalam keterbukaan informasi publik, bupati tabalong mendapatkan penghargaan pena emas dari persatuan wartawan Indonesia pusat. Anang Safiani merupakan satu-satunya Bupati di Indonesia yang mendapatkan penghargaan ini. Semua pencapaian yang diraih Tabalong dari peran aktif semua komponen termasuk polri TNI serta instansi swasta. Tabalong bertekad menjadi Kabupaten terdepan dalam semua aspek di Kalimantan Selatan, kemajuan ini sebagai wujud kontribusi nyata kepada Gubernur untuk mewujudkan Kalimantan Selatan yang maju dan terdepan.

Komentar

Jangan Lewatkan