oleh

Hujan Deras Subuh Tadi, Luapan Sungai Merendam Wilayah Cempaka

BANJARBARU, koranbanjar.net – Hujan lebat dari dini hari tadi, berdampak banjir bagi warga Cempaka dan sekitarnya, Minggu (5/1/2020) pagi.

Terlihat warga cempaka sibuk membereskan barang berharga mereka saat dilanda banjir. Para anggota PMI, BNPD, BPBD Provinsi Kalsel dan BPBD Banjarbaru juga turut serta membantu warga setempat yang ingin menyeberang banjir karenabtingginya air mencapai pinggang.

Menurut keterangan warga, banjir mulai menggenangi rumah warga dari jam 07.00 wita tadi. “Inggih, mulai jam 7 tadi, tapi kawasan Masjid Cempaka tengah, tapi ini kesini lagi yang banjir (Sungai Tiung) ujar Ahmad Supiani Warga Cempaka Tengah, Banjarbaru.

Warga maupun pelintas jalan cempaka kini dibantu para tim Tagana, BPBD Kalsel dan Banjarbaru, pihak Kepolisian dan TNI untuk melewati jalan yang kini digenangi air yang mencapai tinggi kurang lebih satu meter.

Adapun Kelapa BPBD Kalsel Wahyuddin ikut turun langsung ke lokasi banjir bersama tim lainnya.

“Banjir mulai jam 6 pagi tadi, mulai dekat Polsek Banjarbaru Timur hingga Sungai Tiung,” ungkapnya di sela evakuasi dilakukan.

“Menurut pendataan kami, ada 20 RT yang terdampak Banjir, untuk rumah yang terdampak masih dalam pendataan, karena kami masih melakukan evakuasi,” lanjut Ujud, begitu sapaan akrabnya.

Banjir ini disebabkan, kata Ujud, oleh derasnya curah hujan, hingga meluapnya air sungai yang harusnya bisa menampung air hingga 6 meter, kini hanya dapat menampung hingga 2 meter.

“Kepada warga setempat yang terdampak banjir, agar kiranya mematikan arus listrik. Karena pengalaman yang kita dapat, kematian juga dikarenakan korsleting arus listrik karena basah,” ujarnya mengingatkan.

Banjarbaru yang kini dilanda banjir ada tiga titik, Ujud melanjutkan, yaitu Lianganggang, Kemuning dan Cempaka.

“Namun di Cempaka ini yang lebih parah,” jelasnya.

Perlu diketahui, ada 150 personil gabungan dari TNI, Polri, PMI, Tagana, Damkar. Perahu perahu karet ada 11 unit untuk evakuasi. (san/maf)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: