Kombes Pol. Dr. Faizal Ramdhani, S.Sos,. S.I.K,. MH

Hempas Jerawat dan Kemerahan, Ini 5 Tips Rawat Kulit Berminyak dan Sensitif

  • Bagikan
Ilustrasi kulit berjerawat (pixabay/Kjerstin_Michaela)

Pemilik kulit berminyak dan kulit sensitif kerap mengalami masalah kulit yang lebih sering dibanding jenis kulit kering.

Koranbanjar.net – Misalnya kulit berminyak dengan jerawat, kulit sensitif jadi kemerahan karena paparan sinar matahari, apalagi jika sudah salah pilih skincare yang juga dialami seorang Beauty Influencer, Sabila Aulia Matahari.

Namun Sabila ternyata punya tips jitu dan mudah untuk merawat kulit berminyak dan sensitif. Mengutip siaran pers Aysi, Rabu (3/11/2021), berikut ini cara merawat kulit wajah berminyak, kering dan sensitif.

1. Hindari kandungan alkohol dan parfum
Untuk pemilik kulit kering, sebaiknya hindari skincare yang mengandung alkohol dan parfum karena bisa membuat kulit kering, dehidrasi, dan kemerahan.

Apalagi, kulit setiap orang memiliki kadar tolerasi yang berbeda terhadap alkohol dan parfum. Seperti kulit Sabila yang memiliki kadar toleransi parfum dengan wangi yang tipis.

“Tapi, kalau parfumnya udah strong gak ada toleransi sama sekali. Tapi, kalau alkohol emang gak bisa karena kulitnya langsung bereaksi dan bikin kulit kering,” ujar Sabila

2. Perbaiki lapisan kulit
Memperbaiki lapisan kulit atau skin barrier adalah kunci utama dalam mengatasi kulit berminyak dan sensitif serta tipe kulit lainnya.

Wajah akan menjadi tampak lebih sehat jika skin barriernya bagus. Ini karena merawat kulit harus dari dalam, yang akan berpengaruh pada kulit bagian luarnya.

“Jadi, aku selalu fokus dalam memperbaiki skin barrier lebih dulu,” ujarnya .

Menurut Sabila, ingredients yang cocok untuk memperkuat dan memperbaiki skin barrier adalah Hyaluronic Acid, Niacinamide, Ceramide, dan Allantoin.

“Selama menggunakan skincare yang mengandung kandungan tersebut, kulit tidak memiliki problem yang parah. Palingan hanya jerawat hormonal saja,” tutur pemilik akun instagram @sabilaulia itu.

3. Gunakan skincare mengandung hyaluronic acid dan niacinamide
Kandungan hyaluronic acid dan niacinamide adalah kandungan dalam produk skincare andalan untuk kulit berminyak dan sensitif.

“Kedua kandungan itu paling aku dewakan banget sih,” katanya.

Setelah menggunakan hyaluronic acid akan membuat kulit terasa lembab dan terhidrasi. Ditambah kedua kandungan itu juga bisa mengatasi masalah jerawat dan bekas jerawatnya.

4. Gunakan perawatan kulit dasar
Penggunaan skincare mulai dari cleanser, toner, serum, dan moisturizer sangat penting untuk mengatasi semua masalah kulit termasuk kulit berminyak dan sensitif.

Ingat juga untuk menggunakan sunscreen di pagi hari dan re-apply. Disarankan untuk pemilik kulit sensitif memilih sunscreen yang mengandung hyaluronic acid dan ceramide.

“Basic skincare nggak boleh di skip. Cari sabun muka juga yang gentle,” ujar beauty influencer yang masih berstatus mahasiswi tingkat akhir itu.

5. Eksfoliasi kulit
Eksfoliasi penting dilakukan untuk membuat kulit tampak lebih halus dan terhindar dari komedo. Sabila mengatakan, dirinya lebih cocok menggunakan chemical exfoliator daripada physical exfoliator untuk kulit sensitifnya.

Baiknya eksfoliasi dilakukan secara rutin 1 hingga 2 kali dalam seminggu

“Karena physical exfoliator seperti menggunakan scrub akan membuat kulit terasa perih dan kemerahan akibat gesekan saat eksfoliasi. Sedangkan, chemical exfoliator bekerja dari dalam,” kata beauty influencer yang berusia 22 tahun itu.

6. Pembersihan ganda
Jangan lupa untuk melakukan double cleansing atau pembersihan ganda setiap hari. Meskipun, tidak menggunakan makeup atau tidak ke luar rumah seharian.

Sebab, wajah juga bisa terpapar debu, polusi, dan kotoran akibat dari udara yang masuk melalui jendela rumah. (suara)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *